Home / BERITA UTAMA / PERISTIWA / SUMUT

Kamis, 10 Mei 2018 - 16:50 WIB

Talat Dikit, Suyetno, Istri dan Cucunya Allahu A’lam

SIMALUNGUN | MU- Entah apa yang terjadi andai Suyatno terus terlelap. Bisa jadi, api yang berkobar dini hari itu ikut menggulung tubuh pria 61 tahun ini. Istrinya yang lagi strok, bahkan cucunya yang masih berusia 12 tahun.
“Telat dikit, Allahu A’lam. Hanya Tuhanlah yang tahu,” cerita Suyatno, usai peristiwa kebakaran yang menghanguskan rumahnya di Huta II Nagori Marigat Bukit Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun, Kamis (10/05) dini hari sekira pukul 01.05 WIB. Sambung Suyatno, dirinya sudah tertidur pulas kala itu. Tapi, karena nafas terasa sesak membuatnya terjaga. Begitu buka mata, Suyatno mengaku di kamarnya sudah dipenuhi kepulan asap tebal.
Sadar rumahnya terbakar, Suyatno menggendong istrinya dan melarikannya ke luar rumah. “Masih asap tebal waktu itu,” sambunnya. Berhasil mengeluarkan Zariah (45), Suyetno kembali masuk ke dalam rumah menerobos gumpalan asap yang mengepung seisi rumah demi menyelamatkan Anggi Lestari (12) yang tidur di kamar sebelah. Sambil membawa cucunya itu keluar dari rumah, Suyetno berteriak minta tolong. “Kebakaran…kebakaran,” teriaknya keras agar para tetangga terbangun dan membantu memadamkan api.
Sekejap saja, jiran tetangga sudah berkumpul dan bahu membahu mencoba memadamkan si jago merah dengan peralatan seadanya. Upaya sudah dilakukan semampunya, tapi rumah bantuan TNI AD dalam program bedah rumah 5 tahun silam, tidak berhasil dicegah dari jilatan kobaran api. Begitu juga harta benda penjual garam dan tali plastik keliling ini, tak satu pun bisa diselamatkan dari kebakaran berdurasi 1 jam itu. “Gak ada yang bisa diselamatkan. Cuma baju di badan saja. Apinya kadung marak,” ratap Suyatno penuh duka.
Kini, Suyatno tak bisa memastikan langkah apa yang akan dilakukannya untuk bisa mengembalikan rumah agar bisa dihuni. “Gak tahulah,” ujarnya bingung. Sementara hasil pemeriksaan sementara oleh pihak Kepolisian, api sementara diduga muncul akibat arus pendek. Sementara kerugian ditaksir mencapai Rp400 juta. “Masih penyelidikan. Dugaan sementara arus pendek,” kata petugas yang turun ke lokasi kejadian. (Sutan)

Share :

Baca Juga

BERITA UTAMA

5 Tahanan yang Kabur dari Polsek Pulau Raja Berhasil Ditangkap Tim Gabungan

BERITA UTAMA

Panjat Monas

BERITA UTAMA

Satgas TMMD Sosialisasikan Penerimaan Masuk Menjadi Prajurit TNI AD

SUMUT

Tinjau Kesiapan Satgasus Penanganan Covid-19 di Kepulauan Nias, Gubsu Harapkan 14 Hari Hasilnya Maksimal

PERISTIWA

Tabrak Tiang Listrik, Pengendara RX King di Medan Tewas

BERITA UTAMA

Untuk Meningkatkan Perekonomian, Kodim 0203/Langkat Buka Akses Jalan Baru

BERITA UTAMA

Sosialisasikan Werfing, Kodim 0203/Lkt Ajak Pelajar SMA Masuk Jadi Prajurit TNI

BERITA UTAMA

Jadi PR Walikota Medan dan Wakilnya Periode Mendatang, ‘Bang Aman’ Berharap BPJS Bisa Gratis