Home / SEKITAR KITA

Selasa, 4 Februari 2020 - 20:48 WIB

Satpol Air Polres Serdang Bedagai Antisipasi Kecelakaan Perairan

MediaUtama | Serdang Bedagai – Kasat Pol Air Polres Serdang Bedagai (Sergai) AKP Chandra T Situmorang bersama personil mengantisipasi terjadinya Kecelakaan (Laka) perairan yang diakibatkan fenomena cuaca buruk di Wilayah Hukum Polda Sumatera Utara, Selasa (04/02/2020) sekira pukul 10.00 WIB.

Kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti Surat Telegram Kapolda melalui Dir Pol Airud Polda Sumut dengan Nomor :ST/108/l/OPS.4.5/2020. Menurunkan peserta kurang lebih 25 orang dan beberapa kapal di Kantor Syahbandar dan TPI Tanjung Beringin. 

Kegiatan diawali, Kasat Pol Airud bersama personil berkoordinasi dengan Ka Syahbandar Tanjung Beringin, bapak Yori dalam hal melakukan pengawasan terhadap kapal kapal penumpang yang akan berlayar yang akan disesuaikan dengan daftar Ceklist keselamatan berlayar. 

Kemudian personil Sat Pol Air Polres Sergai langsung melakukan pemeriksaan kapal penumpang dan kapal ikan sesuai daftar ceklist kelengkapan kapal.

Melakukan pendataan terhadap pelabuhan dan rute berlayar kapal yang mana pusat transportasi masyarakat nelayan Serdang Bedagai. 

Lalu melakukan penyuluhan dan himbauan kepada para pengusaha kapal maupun nahkoda kapal penyebrangan agar melengkapi alat keselamatan saat berlayar seperti life jaket dan life bouy sesuai aturan.

Dan menempelkan maklumat Kapolda di masing masing kapal dalam hal keselamatan saat berlayar.

Selanjutnya, Personil Sat Pol Air bersama syahbandar memberikan penyuluhan dan himbauan agar para nahkoda kapal memperhatikan dan melaksanakan sesuai maklumat Kapolda Sumut. Serta bagi kapal yang masih belum melengkapi alat keselamatan agar segera melengkapi dan meletakkan di tempat yang mudah di jangkau.

Baca Juga : 

Kasat Narkoba Polres Sergai Pimpin Penandatanganan Fakta Integritas WBK

IKLAN ADS

Personil Airud Polres Madina Bantu Kakek Buyung Bersihkan Sampan di Tepi Sungai

Satpol Air Polres Sergai juga mengingatkan kepada nelayan pada saat melaut agar mengecek mesin kapal dan kondisi kapal apakah sudah siap untuk melaut serta mengecek kesehatan kita sebelum berangkat melaut dan jangan paksaan jika kondisi kurang baik.

Kapolres Sergai AKBP R. Simatupang, SH, M.Hum melalui Kasat Pol Air AKP. Chandra T Situmorang kepada media ini mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman pengetahuan kepada masyarakat bahwa begitu pentingnya melengkapi alat keselamatan berlayar guna menjaga diri di saat cuaca buruk. 

“Kita mengarahkan masyarakat agar lebih patuh dan taat dalam aturan saat berlayar seperti melengkapi dokumen kapal, membuat nama kapal serta melengkapi alat keselamatan,”ujarnya.

Selanjutnya, sebut AKP Chandra, pihaknya memberikan penekanan kepada pengusaha kapal dan nahkoda kapal penumpang agar tidak melebihi muatan kapal yang dapat membahayakan keselamatan saat berlayar.  

“Petugas dan masyarakat bersama sama menjalin hubungan yang baik dan komunikasi dalam menjaga situasi perairan khususnya Serdang Bedagai agar aman dan kondusif,” kata Kasatpol Air Polres Sergai.

Terakhir, ditegaskan Kasat, hasil giat ini ditemukan ada beberapa kapal yaitu kapal KM. Cempaka Jaya yang sudah melengkapi alat keselamatan kapal seperti life jaket dan life bouy dan ada juga beberapa kapal yang belum melengkapi alat keselamatan dikapalnya.

“Oleh karena itu, sehingga kami menyampaikan dan menekankan agar pemilik kapal segera melengkapi alat keselamatan tersebut,” tandasnya.

 

(MU/Red)

Share :

Baca Juga

PERISTIWA

Kades Silo Baru Berharap Masyarakat Tidak Mendekati Bangkai Ikan Paus

SEKITAR KITA

Polsek Sunggal Jumat Barokah ke Madrasah Tahfidz Al Quran Daarul Imam As-Salam

SEKITAR KITA

Polda Sumut Kerahkan Mobil Water Canon Semprot Disinfektan ke Sejumlah Ruas Jalan Kota Medan

BERITA UTAMA

Hari Lahir Pancasila, Brimob Polda Sumut Berbagi Sembako Pada Warga

SEKITAR KITA

Dalam Rangka Ops Aman Nusa II dan Hari Bhayangkara ke-74 Polres Asahan Buka Dapur Umum

SEKITAR KITA

Polsek Tanjung Morawa Miliki Desa Binaan Diresmikan Kapoldasu Sebagai Kampung Paten

SEKITAR KITA

Forkopimda Bersama TNI dan Poldasu Gelar Apel Kegiatan Penyemprotan Desinfektan Secara Masif

PERISTIWA

Sejumlah Massa Gelar Aksi ‘Save Babi’ di Kantor DPRD Sumut