Home / HUKUM

Rabu, 5 Februari 2020 - 12:44 WIB

Polda Sumut Kembali Diprapidkan Soal Penetapan Status Tersangka DBH PBB Labura

MediaUtama | Medan – Polemik Kasus dugaan korupsi Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Bumi Bangunan (PBB) di Labuhanbatu Utara (Labura) yang ditangani Ditkrimsus Polda Sumut memasuki babak baru. Dimana tiga orang yang ditetapkan status tersangka kembali melakukan perlawanan terhadap Polda Sumut dengan melakukan Praperadilan di Pengadilan Negeri Medan.

Adapun ketiga pemohon yakni; Ahmad Fuad Lubis, mantan Kadis Pendapatan Pemkab Labura periode 2012-2013; Faisal Dalimunthe selaku Kadis Pendapatan Labura; dan Armada Pangaloan selaku Kepala Inspektorat Pemkab Labura. 

Namun, sidang perdana Praperadilan yang seyogyanya digelar pada hari ini, Rabu (05/02/2020) batal digelar lantaran ketidakhadiran pihak termohon yakni Polda Sumut ke persidangan.

Hakim Prapid Jarihat Simarmata SH yang awalnya sudah mengetuk palu membuka persidangan terpaksa menunda persidangan hingga sepekan mendatang.

“Tadi Prapid Nomor 8 sudah dibuka tapi karena pihak termohon yakni Polda Sumut tidak hadir maka hakim Prapid menunda hingga satu minggu sampai tanggal 12 Februari untuk agenda pembacaan permohonan pihak Pemohon,” ucap Dr. H. Adi Mansar, SH. M. Hum selaku Penasehat Hukum ketiga pemohon usai persidangan.

Pihaknya sendiri lanjut Adi Mansar berharap persidangan kembali digelar pada Senin (10/02/2020) mendatang. Namun lantaran terbentur birokrasi, mereka akhirnya menerima penetapan hakim.

“Tadi kita mengusulkan kalo boleh hari Senin, tapi kan karena Birokrasi harus dilakukan pemanggilan secara patut,” ucapnya.

Sejauh ini lanjut pemilik Kantor Pengacara “Adi Mansar Guntur Rambe dan Partners” ini, pihaknya belum mengetahui persis alasan ketidakhadiran Polda Sumut selaku termohon.

“Tadi alasannya sampai hari ini mereka (Polda Sumut) belum memberi informasi apakah mereka sudah ada surat kuasa atau panggilan, seperti apa kita belum tau. Tapi yang jelas hari ini mereka tidak datang,” sebut Adi Mansar.

IKLAN ADS

Sementara itu berdasarkan salinan Permohonan Praperadilan yang diterima awak media dalam kasus ini disebutkan adapun objek permohonan Praperadilan ini yaitu; Surat Ketetapan Ditreskrimsus Polda Sumut Nomor : S.Tap/05/I/2020/Ditreskrimsus, tanggal 08 Januari 2020 Tentang Penetapan Tersangka atas nama AHMAD FUAD LUBIS, Drs. Msi.(Bukti P-1);  Surat Ketetapan Ditreskrimsus Polda Sumut Nomor : S.Tap/06/I/2020/Ditreskrimsus, tanggal 08 Januari 2020 Tentang Penetapan Tersangka atas nama Drs. ARMADA PANGALOAN.(Bukti P-2); dan Surat Ketetapan Ditreskrimsus Polda Sumut Nomor : S.Tap/07/I/2020/Ditreskrimsus, tanggal 08 Januari 2020 Tentang Penetapan Tersangka atas nama Drs. Faizal Irwan Dalimunthe. (Bukti P3).

Baca Juga : 

Sidang Praperadilan: Dr Adi Mansar Hadirkan Saksi Ahli Hukum Pidana

Jaksa Tolak Eksepsi Febi Terdakwa Kasus Pencemaran Tagih Hutang Melalui IG 

Para pemohon meminta agar Hakim Praperadilan yang menyidangkan perkara ini untuk mengabulkan Permohonan Pemohon Praperadilan untuk seluruhnya;

Menyatakan Surat Perintah Penyidikan yang menyatakan Para Pemohon sebagai Tersangka adalah tidak sah; Menyatakan Surat Ketetapan Termohon Tentang Penetapan Tersangka adalah tidak sah; dan Menyatakan Tidak sah segala penetapan atau putusan yang dikeluarkan oleh Termohon  terhadap Pemohon I, Pemohon II dan Pemohon III.

Sebelumnya Polda Sumut juga diprapidkan oleh dua tersangka kasus dugaan korupsi DBH PBB di Labusel. Keduanya yakni Marahalim Harahap selaku Plt Kadis Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemkab Labusel dan Salatieli Laoli selaku Kepala Bidang (Kabid). 

Keduanya juga mengajukan Praperadilan ini melalui Kantor Pengacara “Adi Mansar Guntur Rambe dan Partners”.

 

(MU-06)

Share :

Baca Juga

HUKUM

Pak Kapoldasu, Kapan Pengelola Judi Marelan pasar 7 Ditangkapi?

HUKUM

Jual Kosmetik Ilegal, Djajawi Murni Dituntut 5 Bulan Penjara

HUKUM

1 dari 3 Saksi Lihat Jasad Hakim Jamal Tergeletak di Lantai Mobil Nyungsep ke Jurang

HUKUM

Melawan Saat Ditangkap, Polsek Percut Sei Tuan Tembak Kaki Pelaku Curanmor

HUKUM

Kurir 99 Kg Sabu, Hasanuddin Divonis Hukuman Mati 

BERITA UTAMA

Perampas HP IRT Ditangkap, Reskrim Polsek Helvetia Sigap dan Mantap

HUKUM

Kasus Tagih Utang di Instagram, Febi: Medsos Cara Terakhir Tagih Utang ke Fitriani

HUKUM

Kasus Penipuan Bisnis Kopi, JPU Tolak Pledoi Terdakwa Dr Benny Hermanto