Home / BERITA UTAMA / HUKUM

Kamis, 16 April 2020 - 21:10 WIB

Tiga Terdakwa Kasus Tawuran Tewaskan Mahasiswa Nommensen Jalani Sidang Perdana

MediaUtama | Medan – Perkara tawuran sesama mahasiswa beda jurusan yang menewaskan Rojer Siahaan, mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan mulai menjalani sidang perdana yang digelar secara online melalui video teleconference di ruang Cakra 8 Pengadilan Negeri Medan, Kamis (16/04/2020).

Sidang yang beragendakan dakwaan tersebut dihadiri majelis hakim diketuai Morgan Simanjuntak, JPU dari Kejari Medan Marthias Iskandar dan penasihat hukum (PH) ketiga terdakwa.

Sedangkan ketiga terdakwa yakni Marzuki Simatupang (23), Ranto Sihombing (21) dan Edison Kasido Siboro (21) yang berada di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IA Tanjung Gusta Medan lewat layar monitor di ruang Cakra 8 tampak serius mendengarkan materi dakwaan.

Dalam dakwaan JPU Marthias Iskandar SH mengatakan bermula dari pertandingan futsal antara mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) dengan Universitas HKBP Nommensen Medan. 

“Salah seorang mahasiswa Unimed mengaku dipukuli. Kebetulan korban masih memiliki hubungan keluarga dengan Bobi Pardede, salah seorang mahasiswa dari fakultas berbeda di Universitas HKBP Nommensen,” kata Jaksa Marthias Iskandar.

Sempat diupayakan mediasi di antara sesama mahasiswa beda fakultas tersebut. Empat utusan yakni Nata Lumbanraja, Eka Putra Pardede (DPO) dan Bobi Pardede, Jumat (22/11/2019) di kampus Jalan Sutomo, Kelurahan Perintis, Kecamatan Medan Timur menemui utusan dari fakultas tetangga di taman dekat lapangan bola voli.

Sementara terdakwa Marzuki Simatupang bersama mahasiswa satu fakultas lainnya dari kejauhan memantau perkembangan mediasi.

“Namun setahu bagaimana salah seorang mahasiswa fakultas tetangga memaki serta melempari batu ke arah mahasiswa utusan mediasi. Spontan mereka berhamburan keluar gerbang parkiran sepeda motor untuk mengambil helm,” ucap Jaksa.

IKLAN ADS
Baca Juga :  Niat Konfirmasi, Wartawan Dikeroyok di CUBE

Terdakwa dengan sesama satu fakultas berkumpul di depan DAAI TV Komplek Jati Junction Jalan Perintis Kemerdekaan Medan. Di antaranya ada yang memegang alat berupa batu dan tongkat besi untuk menyerang kembali kelompok mahasiswa yang melempari mereka.

Indra Kaleb Simatupang (belum tertangkap) meneriakkan kata, “Maju… maju”. Massa diperkirakan 70 orang berhamburan memasuki lapangan voli kampus. Terdakwa dan teman-temannya melempari batu ke arah mahasiswa beda fakultas tersebut.

Korban Rojer Siahaan yang ikut dalam kelompok mahasiswa fakultas tetangga pun terlibat saling melempar batu.  Indra Kaleb Situmorang dan beberapa mahasiswa satu fakultas sebelumnya memegang tongkat besi memukuli kubu mahasiswa lawan.

“Terdakwa dan Ranto Sihombing dan rombongannya mengejar korban Rojer Siahaan yang berlari menyelamatkan diri menuju parkiran Fakultas Kedokteran. Namun korban berhasil dikejar dan langsung dipukuli menggunakan balok kayu, tongkat besi serta ditusuk menggunakan pisau oleh  terdakwa Ranto Sihombing,” kata Jaksa Marthias.

Sementara yang lainnya turut memukulinya hingga korban tidak berdaya dan tersungkur ke tanah. Dari hasil pemeriksaan luar dan dalam penyebab kematian korban Rojer Siahaan akibat pendarahan yang banyak serta trauma tajam.

Baca Juga :  Niat Konfirmasi, Wartawan Dikeroyok di CUBE

“Ketiga terdakwa dijerat pidana Pasal 170 ayat (2) ke-3 KUHPidana dan Pasal 351 ayat (3) KUHPidana,” pungkas Jaksa Marthias.

Menjawab pertanyaan hakim ketua Morgan Simanjuntak, tim PH kedua terdakwa menyatakan tidak menyampaikan nota keberatan atas dakwaan JPU (eksepsi). Sidang dilanjutkan kan pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi.

(MU)

Baca Juga :  Niat Konfirmasi, Wartawan Dikeroyok di CUBE

Share :

Baca Juga

BERITA UTAMA

Sosok 2 Ini Berpeluang jadi Wakil Wali Kota Siantar

BERITA UTAMA

Chile Menang 2-1 Atas Ekuador di Copa America 2019

HUKUM

Pelaku Pencurian di Rest Area Tol Teluk Mengkudu Diringkus Tekab Satreskrim

HUKUM

2 Eksekutor Pembunuh Hakim Jamal Sempat Keliling Kampung Cari Lokasi Pembuangan Mayat 

HUKUM

Dor! Polsek Kota Kisaran Tembak Tiga Pelaku Curanmor

BERITA UTAMA

Prediksi Atletico Madrid vs AS Roma : DIUJUNG TANDUK

BERITA UTAMA

Kehadiran ASN Humbahas Minim, Sekda Pastikan Beri Sanksi

BERITA UTAMA

Tingkatkan Taraf Kehidupan Masyarakat Melalui Program TMMD