Pos Satgas Yonif 330/TD Jadi Rest Area Bagi Warga Intan Jaya

Warga yang menyusuri jalan lintas Trans Sugapa - Enarotali saat beristirahat melepas penat, di Pos TNI di Kampung Bilogai, Intan Jaya yang disambut ramah personel TNI Sabtu (8/7/2023).(Foto Atas dan Bawah).(Foto:Mu/dok)

Jakarta, Mediautama.news – Jauh di pedalaman Papua, terlihat sekelompok warga yang berjalan menyusuri jalan lintas Trans Sugapa – Enarotali menghentikan perjalanannya untuk sekedar duduk melepas penat di Pos TNI yang ada di Kampung Bilogai, Intan Jaya, Sabtu (8/7/2023).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Satgas, bergegas prajurit TNI yang sedang berjaga mempersilahkan warga untuk beristirahat.

“Amakaniee…mari singgah dulu, sapa salah seorang prajurit Pos Satgas. Tak lama setelahnya, beberapa prajurit memberikan suguhan makanan ala kadarnya. Mari semua, silahkan dimakan. Saya kan kenal, kepala suku di sini, ” ungkap Dansatgas Mayor Inf Deddy Pungky.

Masyarakat yang kebanyakan berasal dari Kampung Omeo dan Tanah Becek (Kota Baru) itu harus menempuh waktu 3 sampai 4 Jam berjalan kaki untuk sampai di pusat peradaban terdekat yang ada di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

“Kasih tahu teman-teman, kalo sudah capek berjalan, singgah saja di pos sini to ,” sambungnya.

Dalam sekejap, sambil menikmati makanan ala kadarnya, para prajurit dan sekelompok warga ini larut dalam suasana yang penuh kekeluargaan.

Kehadiran prajurit Yonif para Raider 330/TD di Pos Bilogai memang membawa suasana baru. Sejak awal kedatangannya, para prajurit Tri Dharma ini tak canggung menjalin hubungan baik kepada siapapun.

“Anggap saja ini sebagai tempat istirahat sementara, fungsinya semacam rest area gitu. Jadi para pejalan bisa singgah untuk sekedar melepas penat, ” ujar Dansatgas, Mayor Inf Dedy Pungky.

Nobertus Mbuligau, yang dikenal sebagai Bapa Gembala kampung Tanah Becek, memberikan apresiasi.

“Hormat bapa tentara, terima kasih sudah kasih tempat buat saya dan teman-teman untuk singgah, makan dan bacarita. Semoga Tuhan memberkati bapak tentara dari 330, ” selorohnya seraya berpamitan untuk melanjutkan perjalanan. (r/Dispenad)

Editor: Edward