Kejurda Forki Piala Gubernur Sumut Berakhir, Kontingen Medan Juara Umum

  • Bagikan
Foto Bersama: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, DR H Rahmad Shah dan lainnya berfoto bersama para atlet peraih gelar Best of the Best pada Kejurda Forki Sumut, di Gedung Serba Guna Unimed, Minggu (23/7/203).(Foto: Mu/dok)

Medan, Mediautama.news – Pelaksanaan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) Piala Gubernur Sumatera Utara di Gedung Serbaguna Unimed, Minggu (23/7/2023) berakhir.

Kontingen Forki Medan dengan perolehan medali 15 emas, 13 perak dan 2 perunggu, akhirnya tampil sebagai juara umum.

Raihan medali oleh kontingen Kota Medan unggul jauh dari peringkat kedua yang ditempati Deliserdang dengan 7 emas, 4 perak, dan 8 perunggu. Posisi ketiga ditempati Perguruan Shindoka dengan 5 emas, 2 perak, dan 7 perunggu.

Sementara gelar Best of The Best kadet putra diraih M Dhijey Lexie (Forki Deliserdang), kadet putri diraih Angel (PPLP Sumut), junior putra diraih Bryan Sirait (KKI Sumut) dan  junior putri diraih Safriza Putri (Forki Medan).

Selanjutnya, Best of The Best U-21 putra diraih Aji Nugraha A Hasibuan (Forki Binjai), Best of The Best U-21 putri diraih Syahla Amelia (Inkai Sumut), Best of The Best senior putra diraih Daniel Hutapea (Forki Toba), dan Best of The Best senior putri diraih Nicky Dwi Oktary (Forki Medan).

Gubernur Sumatera Utara, H Edy Rahmayadi dalam sambutannya saat menutup kejuaraan ini, mengaku bangga dengan Forki Sumut yang terus berusaha untuk melahirkan atlet berprestasi.

Karate, ujarnya, merupakan satu kebanggaan bagi Sumatera Utara. Ia pun berharap karate terus dikembangkan di Sumut.

Menurut Edy Rahmayadi,  karate merupakan salah satu andalan Sumut di PON 2024 mendatang. Dia berharap agar atlet Sumut tidak dipecundangi di rumah sendiri. Gubsu juga memuji Pengprov Forki Sumut yang telah menggelar kejuaraan itu dengan baik.

Sedangkan Ketua Pengprov Forki Sumut DR H Rahmat Shah kembali menekankan target karate Sumut di PON 2024 mendatang. Dia menegaskan, karate Sumut harus menjadi juara umum pada PON 2024 mendatang.

“Buktikan bahwa kita bisa menjadi tuan rumah yang baik dan meraih juara,” terangnya

Pada kesempatan itu, ia  mengucapkan selamat kepada juara. Dan kepada yang belum juara, dia meminta agar terus meningkatkan latihan.

Kejurda Forki Sumut ini diikuti 586 karateka dari 43 kontingen. Di antaranya, 24 pengcab Forki se-Sumut dan 18 pengprov perguruan, ditambah 1 PPLP Sumut.

Kejuaraan ini mempertandingkan 59 nomor pertandingan dengan 4 nomor lomba, yakni kadet, junior, U-21 dan senior. (Md 1)

Editor: Edward

  • Bagikan