Panglima TNI Pastikan Kesiapan Pengamanan KTT ASEAN ke-43 Jakarta

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (Foto: Mu/dok/puspentni)

Jakarta, Mediautama.news – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono SE MM menerima paparan Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma SE MM MSc mengenai pengamanan KTT ke-43 ASEAN SUMMIT Tahun 2023, bertempat di Wisma Ahmad Yani, Menteng, Jakarta Pusat. Kamis (17/8/2023).

Kogabwilhan I selaku Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) VVIP menyelenggarakan operasi pengamanan VVIP terhadap Presiden, Wakil Presiden dan tamu negara setingkat kepala negara atau kepala pemerintahan dalam kegiatan pengamanan VVIP KTT Ke-43 ASEAN SUMMIT Tahun 2023 pada tanggal 5 sampai 7 September 2023 mendatang, di wilayah Jakarta, dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Pada kegiatan pam VVIP KTT ASEAN tersebut, terdapat beberapa satuan tugas yang akan melaksanakan pengamanan di antaranya, Satgas Pam VVIP dan Pam wilayah, Satgas Udara/Hanud, Satgas Passus, Satgas Penerangan, Satgas Medis, Satgas Intel, Satgas Laut, Satgas Pam Bandara dan Pelabuhan, Satgas Komlek, Satgas Evakuasi dan Satgas Siber.

Tujuan dilaksanakan Pam VVIP KTT ASEAN untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan pribadi VVIP peserta konferensi setiap saat di manapun berada, serta menjamin keamanan wilayah yang dikunjungi oleh VVIP.

Pada kesempatan itu, Panglima TNI menyampaikan bahwa pengamanan kali ini tidak akan berbeda jauh dengan pengamanan pada KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, NTT.

“KTT ASEAN sudah pernah dilaksanakan, jadi saya yakin perwira semuanya dapat melaksanakan tugas ini dengan baik dan selanjutnya dibutuhkan kerjasama antar Satgas yang sifatnya koordinasi ,” ujarnya. (r/puspentni)

Editor: Indan