Home / DUNIA

Senin, 2 Desember 2019 - 08:44 WIB

Cari Perhiasan Antik Dicuri, Jerman Gelar Sayembara Rp7,7 M

Ket Foto : Aparat penegak hukum di Jerman menyatakan terus mencari keberadaan sejumlah perhiasan antik yang dicuri dari museum Dresden awal pekan ini. (AFP PHOTO / dpa / Bernd Thissen)

Ket Foto : Aparat penegak hukum di Jerman menyatakan terus mencari keberadaan sejumlah perhiasan antik yang dicuri dari museum Dresden awal pekan ini. (AFP PHOTO / dpa / Bernd Thissen)

MEDIAUTAMA.CO | – Aparat penegak hukum Jerman menawarkan hadiah sebesar 500 juta Euro (sekitar Rp7,7 miliar) kepada masyarakat yang mengetahui keberadaan pencuri perhiasan antik yang disimpan di Museum Green Vault, Dresden. Informasi tersebut bertujuan untuk mempermudah penangkapan pelaku serta pengembalian semua barang curian.

AFP melaporkan, Jumat (29/11/2019), kepolisian yang berada di sepanjang wilayah timur Jerman melanjutkan upaya pencarian terhadap empat pencuri perhiasan di dalam wilayah Istana Kerajaan Dresden tersebut.

Tidak hanya itu, polisi juga merilis sebuah rekaman kamera pengawas yang menunjukkan salah seorang pelaku memecahkan kotak pajangan yang terbuat dari kaca dengan menggunakan sebuah kapak.

Polisi juga menuturkan departemen kejahatan terorganisir kejaksaan wilayah yang menyidik kasus menyatakan komisi khusus tersebut akan melibatkan 40 orang dalam investigasi pencurian di Dresden itu.

“Kami tidak akan membiarkan satu pun berlian terlewatkan dalam mengungkap kasus ini,” kata kepala kepolisian regional, Horst Kretzschmar.

Aksi pencurian pada Senin lalu tersebut dilakukan dengan memutus sebagian jaringan listrik serta merusak kaca jendela museum. Akibatnya, para pencuri berhasil menggondol tiga set perhiasan yang merupakan koleksi milik Augustus II dari Sachsen yang dijuluki sebagai Augustus yang Kuat.

IKLAN ADS

Pada Rabu (27/11) lalu, pihak museum mengonfirmasi bahwa beberapa perhiasan yang dicuri terbuat dari ratusan berlian. Salah satu perhiasan itu adalah Berlian Putih Dresden 49 karat.

Penyelidikan awal berhasil menemukan mobil yang digunakan para pelaku pada saat kejadian dengan keadaan hangus terbakar. Hingga kini, penyidik belum menemukan bukti signifikan lain untuk melacak keberadaan para pencuri.

Kepolisian Dresden mengungkapkan pihaknya akan berkoordinasi dengan polisi di Berlin untuk menyelidiki adanya kemungkinan hubungan antara kasus ini dengan kejadian serupa dua tahun lalu di ibu kota tersebut.

Pada 2017 silam terjadi pencurian sebuah emas 24 karat dengan berat 100 kilogram dari Museum Bode di Berlin dan melibatkan empat pencuri yang memiliki koneksi dengan sebuah geng. Keempatnya kemudian ditangkap dan diadili.

 

(AFP/CNN/MU)

Share :

Baca Juga

DUNIA

Saudi Hukum Mati 5 Pelaku Pembunuhan Khashoggi

DUNIA

Berlabuh di Perairan Siprus, Kapal Israel Diusir Angkatan Laut Turki

DUNIA

Penjaga Pantai Malaysia Tembak Mati Nelayan Vietnam di Laut China Selatan

DUNIA

Didesak Parlemen, PM Inggris Minta Penundaan Brexit ke UE

DUNIA

Insiden Restoran Runtuh Menewaskan 29 Orang di China

DUNIA

India Tuduh China Culik 5 Warga Sipil di Perbatasan Himalaya

DUNIA

Prancis Setujui RUU Lawan Ekstremisme Islam

DUNIA

Pelaku Penusukan Akui Incar Wartawan Charlie Hebdo