Rekor Baru Kasus Covid-19 di Sydney, RS Siaga

  • Bagikan

MediaUtama.News – Sydney mencatat rekor harian kasus Covid-19, dengan 919 kasus pada hari Rabu (25/8). Melonjaknya angka ini membuat sistem kesehatan berjaga-jaga kemungkinan jumlah pasien di rumah sakit (RS) melonjak.

Rekor kasus harian sebelumnya terjadi pada hari Minggu (22/8), dengan 830 kasus.

Rumah Sakit Westmead, salah satu RS terbesar di pinggiran barat Sydney mengurangi jumlah pasien Covid-19 selama 24 jam. Mereka juga memindahkan pasien kritis ke rumah sakit lain, demikian menurut anggota parlemen NSW Cate Faehrmann, merujuk pada catatan internal.

Menteri Kesehatan NSW, Brad Hazzard mengakui sistem kesehatan bekerja di bawah tekanan. Tetapi ia juga mengklaim kondisi semacam ini masih bisa dikelola.

Menanggapi jumlah kasus yang tinggi, antisipasi lain pemerintah Sidney dengan menyerukan tingkat vaksinasi.

“Ini menyoroti fakta bahwa vaksinasi adalah kuncinya. Kita perlu meningkatkan cakupan vaksin itu,” ujar Kepala Petugas Kesehatan NSW, Kerry Chant, dikutip Reuters, Rabu (25/8).

Lonjakan kasus di Australia terjadi ketika pemerintah federal menekan negara bagian agar berpegang pada rencana pembukaan kembali secara nasional empat tahap yang disepakati Juli lalu.

Beberapa pihak menyarankan penundaan pembukaan itu, mengingat tren kasus harian di Sydney masih tinggi.

Sejauh ini total kasus di New South Wales mencapai 20.466 dengan 130 kematian.

Sekitar 80 persen total infeksi Covid-19 yang ada di negara bagian itu, disumbang oleh Sydney.

Sementara keseluruhan kasus Covid di Australia mencapai 46.743 kasus, dengan 986 kematian.

Australia tengah berjuang mengendalikan gelombang ketiga virus corona. Pemerintah juga telah menerapkan penguncian di sejumlah wilayah termasuk kota-kota terbesarnya, Sydney dan Melbourne, serta mempercepat peluncuran vaksin.

Total penduduk Australia yang sudah divaksin secara penuh sekitar 31 persen, sementara sebanyak 54 persennya baru menerima satu dosis vaksin. (REP/cnn)

 8 views

  • Bagikan
Call Now ButtonKRITIK & SARAN