Trump: AS Harus Ambil Tindakan, Cegah Taliban Kuasai Senjata AS

  • Bagikan

MediaUtama.News – Mantan presiden AS Donald Trump pada Senin (30/8/2021) mengatakan AS harus menanggapi dengan “kekuatan militer tegas” jika Taliban menolak mengembalikan peralatan militer AS.

Peralatan ini, dilansir The Hill, bernilai miliaran dollar AS, dan masih tertinggal di Afghanistan.

Trump juga menambahkan bahwa AS, “setidaknya mengebom perangkat kerasnya”.

“Tidak pernah dalam sejarah penarikan dari perang ditangani dengan begitu buruk atau tidak kompeten seperti penarikan Administrasi Biden dari Afghanistan,” ujar Trump.

“Selain yang sudah jelas, semua peralatan harus diminta untuk segera dikembalikan. Itu termasuk setiap sen dari biaya sekitar 85 miliar dollar AS.”

“Jika tidak dikembalikan, kita harus masuk dengan kekuatan militer yang tegas dan mendapatkannya, atau setidaknya mengebomnya.”

“Tidak ada yang pernah berpikir kebodohan seperti itu, seperti penarikan dengan otak lemah ini, adalah mungkin!” tambah Trump.

Setelah pemerintah Afghanistan jatuh ke tangan Taliban, dilaporkan bahwa miliaran persenjataan AS telah disita oleh Taliban, termasuk senjata, mobil, dan banyak pesawat.

Pesawat itu hampir tidak berguna tanpa pelatihan, meskipun penyitaan mereka kemungkinan memberikan Taliban alat propaganda.

Pada 30 Juni lalu, pasukan Afghanistan diyakini memiliki 211 pesawat dalam inventaris mereka yang dipasok AS.

Setidaknya 46 dari pesawat itu sekarang berada di Uzbekistan setelah pasukan Afghanistan menggunakannya untuk melarikan diri dari Taliban.

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan sempat mengomentari hal ini.

“Kami tidak memiliki gambaran lengkap dan jelas, ke mana perginya setiap senjata pertahanan, tetapi tentu saja cukup banyak dari itu telah jatuh ke tangan Taliban,” ujarnya.

“Dan jelas, kami tidak memiliki perasaan bahwa mereka akan dengan mudah menyerahkannya kepada kami di bandara,” tambahnya.

Sementara itu, James Comer dan Glenn Grothman, anggota House Oversight and Reform Committee, sudah mengirim surat kepada Menteri Pertahanan Lloyd Austin minggu lalu.

Mereka meminta informasi tentang rencana Pentagon untuk memulihkan senjata.

“Kami bertanya-tanya apakah Administrasi Biden memiliki rencana untuk mencegah Taliban menggunakan senjata untuk melawan AS atau sekutunya, atau menjualnya ke musuh asing, seperti China, Rusia, Iran, atau Korea Utara,” tulis anggota parlemen. (REP/kompas)

 16 views

  • Bagikan
Call Now ButtonKRITIK & SARAN