Cara Melacak Nomor HP

  • Bagikan

MediaUtama.News – Cara melacak nomor hp perlu diketahui pengguna smartphone. Mengingat, sekarang banyak telepon spam yang dapat digunakan orang lain dalam menjerat korban.

Nomor hp umumnya tidak terdaftar di database publik. Jadi, menemukan pemilik nomor hp tersebut bisa menjadi sesuatu yang rumit dilakukan orang lain yang ingin memeriksa kebeneran.

Beruntung, ada sejumlah cara melacak nomor hp yang bisa dilakukan agar mengetahui siapa pemiliknya. Jadi, jika ada spam yang mengganggu, Anda bisa langsung mengetahuinya untuk menentukan tindakan.

Metode 1: Temukan Nomor Tak Dikenal atau Diblokir

1. Periksa log panggilan atau Caller ID. Semua ponsel akan secara otomatis mengidentifikasi sebagian besar panggilan telepon masuk. Jika Anda menggunakan telepon rumah, hubungi penyedia telepon Anda untuk mengaktifkan caller ID.

2. Mintalah layanan call return. Jika Anda ingin bisa membalas panggilan ke nomor yang tidak dikenal, mintalah kode pengembalian panggilan dari penyedia Anda atau cari di internet untuk kode pengembalian panggilan untuk negara Anda.

Hubungi penyedia telepon Anda dan beli layanan pengembalian panggilan atau pengembalian panggilan terakhir jika perlu karena biaya awal mungkin diperlukan.

3. Aktifkan fungsi call trace call trap. Jika Anda menerima panggilan pelecehan berulang dari nomor yang tidak dikenal, hubungi penyedia telepon Anda dan tanyakan apakah layanan ini tersedia.

Metode 2: Cari Nomor Telepon

1. Ketik nomornya di mesin pencari. Jika Anda tidak beruntung dengan situs pencarian terbalik, Anda dapat menggunakan Google, Bing, atau mesin pencari lainnya untuk menjalankan pencarian. Karena mesin pencari memungkinkan Anda melihat semua jenis data, Anda mungkin menemukan petunjuk yang dapat mengarahkan Anda ke arah yang benar. Misalnya, jika nomor telepon dikaitkan dengan bisnis atau situs web, info bisnis atau situs akan muncul.

2. Coba database reverse-lookup. Ada banyak situs web gratis yang dapat memberikan informasi dasar tentang nomor telepon. Jika nomor telepon yang Anda lacak adalah telepon rumah (bukan ponsel) dan bukan pribadi, Anda mungkin dapat menemukan nama penelepon, nama bisnis, dan/atau alamat di situs pencarian balik. Jika Anda mencari telepon rumah pribadi atau nomor ponsel, situs web ini setidaknya akan memberi tahu Anda lokasi dan penyedia layanan nomor telepon tersebut. Jika Anda diminta untuk membayar pemutakhiran, lihat hasil yang lebih detail, lewati itu—ada lebih banyak opsi gratis untuk dicoba.

3. Cari nomornya di Facebook atau situs jejaring sosial lainnya. Tergantung pada jaringan sosial, Anda mungkin dapat mencari nomor telepon untuk menemukan profil pemilik di situs tersebut. Misalnya, jika pemilik nomor telepon menautkannya ke akun Facebook, Anda dapat mencari nomor telepon tersebut menggunakan bilah pencarian reguler Facebook.

4. Hubungi nomornya. Jelaskan kepada siapa pun yang menjawab bahwa Anda telah menerima panggilan dari nomor tersebut. Tanyakan dengan sopan siapa mereka. Jika mereka memberi tahu Anda, tidak perlu melanjutkan! Jika tidak, coba salah satu metode di bawah ini. (sumber/Inews)

Selamat mencoba!

 16 views

  • Bagikan
Call Now ButtonKRITIK & SARAN