MAUT DI GORONG-GORONG TANGERANG, KENALILAH 5 JENIS GAS BERACUN

  • Bagikan

MediaUtama.News – Perbaikan kabel di gorong-gorong Taman Roya, Cipondoh, Kota Tangerang memakan korban. Para pekerja perbaikan kabel meninggal karena lemas diduga karena keracunan gas.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis (8/10), pukul 13.00 WIB. Lima orang dilaporkan meninggal dunia pada kejadian tersebut. Tiga orang dievakuasi saat siang hari, lalu dua orang sisanya dievakuasi pada sore hari.

Gas memang banyak jenisnya. Dari sekian banyak gas, ada beberapa gas yang beracun dan berbahaya bagi kesehatan bahkan bisa mematikan. Berikut 3 jenis gas beracun seperti dirangkum detikINET dari berbagai sumber, Jumat (8/10/2021).

1. Karbon Monoksida (CO)

Karbon monoksida (CO) adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Gas beracun ini biasanya muncul dari proses pembakaran bahan bakar tertentu. Karbon monoksida juga bisa muncul saat ada kebakaran di area pertambangan di bawah tanah.

Saat terhirup, karbon monoksida akan membuat mata iritasi, batuk-batuk, dan mengganggu indra penciuman. Jika terus menerus terhirup, karbon monoksida akan mengganggu hemoglobin (sel darah merah), sehingga udara yang masuk ke tubuh terus berkurang. Inilah yang membuat karbon monoksida berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.

2. Nitrogen Monoksida (NO)

Nitrogen monoksida (NO) juga merupakan gas tidak berwarna dan tidak berbau. Gas ini bisa berasal dari banyak sumber, dua diantaranya yang paling umum adalah pembakaran sampah dan kendaraan.

Wilayah perkotaan mengandung nitrogen monoksida lebih banyak, daripada wilayah pedesaan. Nitrogen monoksida akan berubah menjadi gas berbahaya, jika terhirup dalam jumlah banyak. Menghirup nitrogen monoksida dalam jumlah banyak bisa menyebabkan gangguan saraf yang berakhir dengan kejang-kejang dan kelumpuhan.

3. Nitrogen Dioksida (NO2)

Nitrogen dioksida (NO2) adalah gas beracun yang berwarna cokelat kemerahan atau cokelat kekuningan. Baunya juga sangat menyengat. Sifat racun pada nitrogen dioksida empat kali lebih kuat, daripada sifat racun pada nitrogen monoksida. Jika terhirup, gas beracun ini bisa menyebabkan paru-paru bengkak dan menyebabkan kematian.

4. Klorin

Klorin merupakan salah satu unsur kimia berbahaya bagi siapa saja yang menghirupnya. Unsur kimia dengan nomor atom 17 ini berwarna hijau pucat dan memiliki kepadatan 2,5 kali lipat dibandingkan dengan gas lainnya.

Dalam bentuk gas, klorin bisa sangat beracun dan mematikan. Sedangkan dalam bentuk cair, klorin bisa berguna untuk pemutih dan desinfektan yang sangat efektif membunuh kuman dan bakteri.

Menghirup klorin dalam wujud gas dapat merusak saluran pernapasan, hingga menyebabkan sesak napas, mual, batuk, muntah, dan tak sadarkan diri, dan dalam kasus terberat bisa mengakibatkan kematian pada manusia.

5. Arsenik

Dalam tabel periodik, arsenik termasuk unsur kimia dengan nomor 33. Arsenik memiliki 33 elektron dan 33 proton dengan lima elektron valensi (dapat membentuk ikatan kimia dengan unsur lainnya) di bagian terluarnya.

Biasanya unsur kimia ini ditemukan di kerak Bumi dan tergabung dalam mineral Bumi lainnya. Arsenik sangat berbahaya bagi kehidupan, karena dapat mencemari makanan, minuman, dan udara.

Keracunan arsenik bisa sangat menyakitkan dan mematikan bagi manusia. Dalam jumlah yang besar, arsenik dapat menyebabkan kematian secara langsung. Apalagi arsenik merupakan salah satu unsur kimia yang sangat mudah tersublimasi, dari wujud padat bisa berubah ke wujud gas. (REP/detik)

 56 views

  • Bagikan
Call Now ButtonKRITIK & SARAN