DAMPAK GEMPA M 5,9 DI MALUKU TENGAH, BELASAN RUMAH WARGA RUSAK

  • Bagikan

MediaUtama.News – Belasan rumah warga di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku mengalami kerusakan setelah gempa berkekuatan 5,9 magnitudo mengguncang wilayah tersebut pada Kamis (4/11/2021).

Kerusakan rumah warga itu terjadi di Desa Sawai, Kecamatan Seram Utara.

Selain merusak rumah warga, jalan di perkampungan itu juga retak akibat gempa yang dirasakan sangat kuat di wilayah tersebut.

Fabio Mukadar, salah satu tokoh pemuda Desa Sawai yang dihubungi Kompas.com dari Ambon mengungkapkan belasan rumah warga mengalami rusak ringan hingga berat.

“Kebetulan saat ini kita lagi mendata dampak dan sampai saat ini terdata ada 17 rumah yang rusak baik ringan maupun berat,” kata Fabio, Kamis.

Dia menuturkan, getaran gempa sangat kuat dirasakan di desa itu hingga membuat semua warga keluar dari rumah.

Saat itulah mereka mengetahui ada sejumlah rumah warga yang mengalami kerusakan.

“Kuat sekali getaran gempa di sini, tadi getaran di atas lima detik,” ujarnya.

Sementara warga Desa Sawai lainnya, Muhamad Randi mengatakan, beberapa rumah warga ada yang ambruk setelah diguncang gempa tersebut.

“Ada beberapa rumah juga yang ambruk di sini,” katanya via telepin seluler.

Sementara itu Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah dilansir dari Kompas.com secara terpisah membenarkan sejumlah rumah warga di Desa Sawai, Kecamatan Seram Utara mengalami keruskaan akibat gempa tersebut.

Namun ia belum dapat memastikan jumlah rumah warga yang terdampak.

“Ada dampak kerusakan pada sejumlah rumah warga di Desa Sawai. Beberapa rumah warga di sana ada yang rusak,” ujarnya.

Saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat untuk mendata jumlah kerusakan rumah-rumah warga di desa tersebut.

“Kita masih melakukan pendataan sehingga belum bisa dipastikan berapa jumlah rumah warga yang rusak, yang jelas ada sejumlah rumah yang rusak,” katanya. (REP/kompas)

 

 70 views

  • Bagikan
Call Now ButtonKRITIK & SARAN