Shakedown Asia Pasific Rally Championship, Sean Gelael Catat Waktu Tercepat

Uji Coba: Peserta Pereli Danau Toba APRC 2022 mencoba rute balapan di HTI TPL Aek Nauli Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Simalungun, Kamis (22/9/2022).(Foto : Mu/ist)

Parapat, Mediautama.news – Pereli Sean Gelael meraih waktu tercepat pada Shakedown Asia Pasific Rally Championship (APRC) yang diikuti 62 pereli di rute Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp Lestari (TPL) Aek Nauli Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Kamis (22/9/2022).

Pada sesi pemanasan tersebut, Pembalap Tim Jagonya Ayam, Sean Gelael bersama Co-Driver meraih waktu tercepat dengan catatan waktu 1 menit 19 detik pada Run pertama dan di Run kedua, 1 menit 17 detik.

Pada urutan ke dua disusul Ryan Nirwan dan Co-Driver Hade Mboi dengan catatan waktu 01:23,8 dan kemudian diurutan ke tiga Pembalap Rifat Sungkar bersama co-driver dari Australia Benjamin Richard dengan dengan catatan waktu 01:24,2 dan di urutan ke 4, Ryan Nirwan dengan co-driver Adi Indiarto dengan waktu 01:24,4.

Sean mengaku puas dengan hasil shakedown karena mampu menaklukkan lintasan yang sebagian besar tanah liat. Meski demikian, ia tak mau menganggap enteng persaingan karena apapun bisa terjadi pada saat perlombaan, terutama saat kondisi lintasan berubah akibat cuaca.

“Shakedown dengan melintasi rute SS1 di TPL Sektor Aek Nauli sebagian besar tanah liat. Walau di sesi ini bisa menjadi yang tercepat, tapi saya dan tim tetap kompetitif,” kata Sean.

Sementara itu, Musa Rajekshah (Ijeck), Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara tidak mengikuti sesi shakedown karena sudah mencoba lintasan sehari sebelumnya. Ijeck, yang kembali turun meramaikan kejuaraan Asia ini tampil menggunakan mobil yang berbeda dengan Kejurnas Rally sebelumnya. Mobil merk Skoda tipe Fabia yang dibalut logo TPL sebagai salah satu sponsor utama, menjadi tunggangan terbaru Ijeck di kejuaraan tingkat asia pasifik kali ini.

Rute rally di kawasan HTI TPL Sektor Aek Nauli pernah menjadi lokasi untuk event internasional, yakni menjadi bagian lintasan Special Stage (SS) pada World Rally Championship 1996 dan 1997, dan juga dipergunakan sebagai lintasan pada Kejurnas Rally tahun 2007, 2019, 2021 dan terakhir Kejurnas Rally Agustus 2022.

Direktur TPL, Anwar Lawden mewakili management TPL menyambut baik dan mendukung penuh terlaksananya event internasional Danau Toba APRC 2022. HTI di TPL Sektor Aek Nauli menjadi lintasan Danau Toba Rally dengan potensi rute rally yang baik, merupakan kebanggaan Sumatera Utara dan Indonesia.

“Kami sangat mendukung event untuk memajukan pariwisata di Sumatera Utara, khususnya di kawasan Danau Toba. Event Danau Toba APRC 2022 ini diharapkan dapat mendorong kebangkitan ekonomi Sumatera Utara, olahraga nasional, pariwisata Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas, dan alam Indonesia yang dikelola dalam komitmen berkelanjutan,” ucapnya.

Danau Toba Rally APRC 2022 menempuh jarak total 361,21 km yang dibagi dalam 2 Leg (etape) dan terdiri dari 12 SS. Leg-1 pada hari Sabtu (24/09) sepanjang 233,09 km memiliki 8 SS (special stage – lintasan khusus) dengan total panjang 105,10 km dan Leg-2 pada hari Minggu (25/09) sepanjang 128,12 km memiliki 4 SS dengan total 51,57 km.(Sml 1)

 192 views