CFD di Seputaran Lapangan Merdeka Medan Diwarnai Olahraga Rekreasi Tonis

  • Bagikan

Medan, Mediautama.news – Berbagai organisasi olahraga rekreasi meramaikan ajang Car Free Day (CFD) yang digelar Dinas Pemuda Olahraga Medan, Minggu (7/5/2023) di kawasan seputaran Lapangan Merdeka.

Masyarakat pun mempunyai banyak pilihan untuk berolahraga, di antaranya senam, jalan santai, bersepeda, termasuk tonis.

Salah satu organisasi olahraga rekreasi yang turut meramaikan CFD hari ini Persatuan Tonis Seluruh Indonesia (Pertonis) Medan. Para pegiat olahraga itu membuka lapangan di persimpangan Jalan Balai Kota. Mereka mempersilakan masyarakat yang ingin bermain olahraga yang merupakan perpaduan antara bulu tangkis dan tenis lapangan ini.

Saat ditemui di lokasi kegiatan, Ketua Persatuan Tonis Seluruh Indonesia (Pertonsi) Medan, Yonal Feri, mengatakan tonis merupakan olahraga rekreasi dan prestasi serta di bawah binaan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI).

ÔÇťOlahraga ini telah dikenal dan diminati masyarakat. Pada 27 Mei nanti akan digelar kejuaran tonis se-Sumatra Utara, yang diikuti seluruh kabupaten/kota. Pemenangnya akan diutus mengikuti Festival Olahraga Rekreasi Nasional di Bandung, Juli mendatang,” sebutnya.

Menurutnya, olahraga yang menggabungkan tenis dan badminton ini dinilai lebih praktis, murah dan mudah, sehingga cepat diterima masyarakat.

Alat yang digunakan untuk memukul bola dalam tonis, lanjutnya, disebut paddle. Paddle terbuat dari bahan kayu yang ringan, tetapi kuat dan tidak mudah patah.

“Sedangkan bola tonis umumnya menggunakan bola seukuran bola tenis. Namun, bola pada tonis memiliki tekanan udara yang lebih ringan. Laju bola menjadi lambat atau tidak cepat, seperti pada bola tenis biasa,” jelasnya seraya mengajak kawula muda Medan menjajal olahraga yang mengasikkan ini.

Sebelumnya, Kadis Pemuda Olahraga Pulungan Harahap, mengatakan, pihaknya sengaja mengajak berbagai komunitas dan cabang-cabang olahraga untuk menyemarakkan CFD ini setiap minggunya. Kehadiran komunitas dan cabang olahraga ini, lanjutnya, memberikan kontribusi yang cukup besar dalam membudayakan olahraga pada diri warga Medan.

“Jadi selain menjaga lingkungan, mengurangi polusi udara, CFD ini juga menjadi ajang untuk membudayakan berolahraga pada diri warga Medan. Olahraga membuat sehat, warga sehat, negara pun kuat,” ucapnya.

Dalam kegiatan ini, masyarakat bisa ikut senam, jalan, melihat berbagai atraksi dari komunitas olahraga rekreasi. Dan kalau beruntung, ujarnya, bisa juga dapat hadiah dari doorprize di puncak acara. (Komed)

Editor: Wilfrid Sinaga

  • Bagikan