DUNIA  

Dari Tanzania, Presiden Jokowi Tiba di Maputo Mozambik

Disambut: Presiden Joko Widodo setibanya di Bandara Internasional Maputo, Republik Mozambik disambut barisan kehormatan, pada Selasa (22/8/2023).(Foto: Mu/dok/BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Maputo, Mediautama.news – Presiden Joko Widodo melanjutkan perjalanan dalam rangkaian kunjungannya di Benua Afrika ke Maputo, Republik Mozambik pada Selasa (22/8/2023).

Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) yang membawa Presiden Jokowi bersama rombongan tiba di Bandar Udara Internasional Maputo sekira pukul 17.00 waktu setempat (WS) atau pukul 22.00 WIB.

Di bawah tangga pesawat, Presiden Jokowi disambut langsung oleh Menteri Sumber Daya Mineral Mozambik Carlos Joaquim Zacarias dan State Secretary Maputo Manuel Vicente. Setelahnya, tampak dua orang anak memberikan karangan bunga tangan kepada Presiden.

Presiden Jokowi kemudian berjalan melewati barisan kehormatan. Di ujung barisan, terlihat menyambut Presiden yakni Duta Besar RI untuk Republik Mozambik dan Malawi Herry Sudrajat beserta istri dan Atase Pertahanan RI di Pretoria Kol. Mar. Burhanudin.

Dari pihak Mozambik juga terilhat menyambut kehadiran Presiden Jokowi yakni, Wakil Menteri Luar Negeri Mozambik Manuel Jose Goncalves, Duta Besar Mozambik untuk Indonesia Belmiro Jose Malate, dan Gubernur Provinsi Maputo Iolanda Cintura.

Dari bandara, Presiden beserta rombongan langsung menuju hotel tempatnya bermalam selama di Mozambik. Di hotel tersebut, Presiden disambut oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Cecep Herawan, Koordinator Fungsi Politik, Penerangan, dan Sosial Budaya/Kepala Kanselerai KBRI Maputo Budi Santoso, serta sejumlah masyarakat Indonesia di Mozambik dengan iringan alat musik angklung.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan rombongan lepas landas dari Bandar Udara Internasional Julius Nyerere, Dar Es Salaam, Republik Persatuan Tanzania sekira pukul 15.00 waktu setempat (WS) atau pukul 19.00 WIB.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Maputo yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.(r/BPMI Setpres)

Editor: Edward