8 Negara yang Pernah Juara Piala Asia, Salah Satunya Disingkirkan Indonesia

  • Bagikan
Selebrasi Timnas Qatar Juara Piala Asia Tahun 2019. (Foto:dok/ Screenshot Youtube bung biel)

Mediautama.news – Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar pada tanggal 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Piala Asia 2023 bakal menjadi Piala Asia edisi ke-18 yang diselenggarakan sejak pertama kali tahun 1956.

Berbicara tentang pergelaran Piala Asia tentu menarik untuk mencari tahu Negara mana saja yang pernah menyabet predikat juara dalam sejarah piala Asia.

Berikut rangkuman delapan negara yang pernah menjadi juara Piala Asia sepanjang sejarah.

Qatar, tak hanya menjadi tuan rumah, Qatar juga mengemban status sebagai juara bertahan turnamen dalam gelaran sebelumnya pada 2019 di Uni Emirat Arab.

Timnas Qatar membuat kejutan besar menjadi Kampiun Asia untuk pertama kalinya sepanjang sejarah skuad berjulukan the maron, saat itu memanen rekor sempurna di fase grup dengan memborong tiga kemenangan dalam tiga laga termasuk menghadapi Arab Saudi.

Setelahnya, Qatar berturut-turut menundukkan irak 1-0 di babak 16 besar Korea Selatan 1-0 di babak perempat final lalu melibas tuan rumah Uni Emirat Arab 4 gol tanpa balas di babak semifinal sebelum akhirnya mengangkat trofi berkat kemenangan 3-1 atas tim raksasa Jepang di partai puncak.

Irak, Irak pernah menyabit satu-satunya gelar jawara Piala Asia ini pada tahun 2007. Saat Piala Asia digelar di empat negara ASEAN secara bersamaan yakni Indonesia Malaysia Thailand dan Vietnam saat itu tim yang dikapteni oleh yonis Mahmud ini memuncaki klasmen grup A dengan meraih satu kemenangan dan dua hasil imbang setelahnya Irak kemudian menundukkan Vietnam dengan skor 2-0 di babak perempat final menaklukkan Korea Selatan melalui babak adu penalti dan di partai final menumbangkan Arab Saudi lewat gol tunggal yaomis Mahmud di stadion glelora Bung Karno Jakarta.

Australia, Australia menyabit satu gelar juara Piala Asia saat bertindak menjadi tuan rumah pada edisi 2015. Ketika itu Australia meninggalkan osenia dan berlabuh ke AFC pada 2007 pada edisi 2011 the socceros sempat menembus partai final namun ditumbangkan oleh Jepang.

Kemudian pada edisi 2015 Australia bercokol di peringkat kedua di grup A usai meraih dua kemenangan dan satu kekalahan di babak perempat final mereka menumbangkan Cina dengan skor 2-0 mengalahkan Uni Emirat Arab di babak semifinal dengan skor 2-0 dan kemudian di partai final menumbangkan Korea Selatan 2-1 di babak extra time tim kahel dan kawan-kawan merengguh gelar perdana mereka di hadapan publik sendiri.

Kuwait, Kuwait salah satu negara Timur Tengah yang juga pernah menyabit gelar juara Asia yakni Kuwait yang merengkuh satu kali gelar juara pada tahun 1980 sebelumnya pada 1976 Kuwait sempat menjadi runner up usai di final ditaklukkan oleh Iran 4 tahun berselang Kuwait berhasil menembus ketidakberhasilan mereka.

Sebelumnya Kuwait menempati peringkat kedua di grup B usai mengumpulkan dua kemenangan satu kali imbang dan satu kekalahan di babak semifinal Kuwait berhasil mumpaskan Iran dengan skor 2-1 dan membantai Korea Selatan di babak final dengan skor telak 3-0.

Sayangnya pada edisi kali ini Kuwait gagal lolos ke piala Asia 2023 sebab ditaklukkan oleh TIMNAS INDONESIA pada babak kualifikasi.

Korea Selatan dalam sejarah Piala Asia pernah merengkuh trofi bergengsi tersebut dua kali akan tetapi tak banyak yang menyangka bahwa negara kuat yang juga langganan lolos piala dunia ini sudah puasa gelar juara selama 64 tahun lamanya Yap Korea Selatan dua kali juara itu pada edisi 1956 dan 1960 setelahnya The taigook Warriors sempat lolos ke partai final selama empat kali yakni pada edisi 1972 1980 1988 dan 2015.

Namun Korea Selatan selalu tumbang dalam empat partai final tersebut membuat mereka menjadi negara dengan kegagalan terbanyak di partai final terakhir Korea Selatan lolos ke final pada edisi 2015 namun ditumbangkan oleh tuan rumah Australia dengan skor 2-1.

Iran, selanjutnya ada timnas Iran pemilik 3 gelar juara piala Asia. Iran menyabet tiga gelar juara tersebut pada tiga edisi berturut-turut, yakni pada 1968 saat mereka menempati peringkat satu ketika Piala Asia masih berformat sistem Liga. Kemudian pada 1972 dengan menaklukkan Korea Selatan di babak final dan 1976 dimana mereka mengalahkan Kuwait dengan skor tipis 1-0 setelah menciptakan tripit gelar juara Iran tak mampu lagi lolos ke babak final.

Selanjutnya ada Arab Saudi pemilik tiga kali gelar juara Piala Asia sepanjang sejarah mereka tercatat mampu melangkah ke babak final dalam enam dari tujuh edisi yang diselenggarakan yakni dari edisi 1984 hingga 2007.

Arab Saudi mampu memenangkan tiga gelar tersebut yakni pada 1984 saat mengalahkan Cina dengan skor 2-0 lalu pada 1988 kala mampu menaklukkan Korea Selatan melalui babak adu penalti dan terakhir pada 1996 saat menaklukkan tuan rumah uni Emirat Arab juga melalui babak adu penalti.

Timnas Jepang merupakan pemilik empat kali juara Piala Asia sepanjang sejarah terbanyak dari negara-negara lainnya. Empat gelar juara yang diraih tim Samurai biru didapatkan pada edisi 1992 saat bertindak menjadi tuan rumah dan mengalahkan Arab Saudi di partai final dengan skor 1-0

Lalu pada edisi 2000 di Lebanon mereka kembali mengalahkan Saudi dengan skor 1-0 Kemudian pada edisi 2004 di Cina saat mengalahkan tuan rumah dengan skor 3-1 dan terakhir pada edisi 2011 kala mereka menaklukkan Australia dengan skor 1-0.

Demikian 8 negara yang pernah juara Piala Asia (*)

Editor: Bahok

Sumber: youtube bung biel

  • Bagikan