Home / SEKITAR KITA

Jumat, 8 November 2019 - 08:50 WIB

Pimpinan DPRD Kota Medan Periode 2019 – 2024 Dilantik 

Ket Foto : Empat Pimpinan DPRD Medan yang baru dilantik. Hasyim (kiri) dari fraksi PDI Perjuangan sebagai ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga dari partai Gerindra, Rajuddin Sagala dari PKS dan HT. Bahrumsyah dari Partai Amanat Nasional (Kanan).

Ket Foto : Empat Pimpinan DPRD Medan yang baru dilantik. Hasyim (kiri) dari fraksi PDI Perjuangan sebagai ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga dari partai Gerindra, Rajuddin Sagala dari PKS dan HT. Bahrumsyah dari Partai Amanat Nasional (Kanan).

mediautama.news | Medan – Pelantikan empat pimpinan DPRD Kota Medan periode 2019 – 2024 berlangsung lancar. Mereka yang diambil sumpah jabatannya, Hasyim dari PDI Perjuangan sebagai Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga dari Partai Gerindra, Rajuddin Sagala dari Partai Keadilan Sejahtera dan HT.  Bahrumsyah dari Partai Amanat Nasional sebagai Wakil Ketua.

Pengambilan sumpah dipimpin Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Khusus, Dr Djaniko Girsang SH. MH bertempat di Gedung DPRD Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis Kota Medan, Jumat (8/11/2019). 

Pantauan mediautama.news dalam pelantikan tersebut tampak pula hadir pelaksana tugas Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan, Wakil Ketua TP PKK Kota Medan Ny Hj Nurul Khairani Lubis, Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemko Medan, Para Camat, Tokoh Pemuda, Alim Ulama serta keluarga para pimpinan DPRD Kota Medan yang diambil sumpahnya. 

Kegiatan tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SK)  Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi Nomor 188.44/680/KPTS/2019 tanggal 6 November 2019 tentang peresmian pengesahan pimpinan DPRD masa jabatan 2019 – 2024 yang dibacakan Sekretaris Dewan Abdul Azis. Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan SK.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Medan Hasyim SE mengatakan, selaku pimpinan yang baru saja menyampaikan sumpah, mengucapkan terima kasih kepada segenap unsur yang telah mendukung proses hingga terlaksana pelantikan.

Hasyim juga menyebutkan, akan segera menyusun program kerja dan menetapkan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Dengan harapan 50 anggota DPRD Medan dapat bekerja maksimal dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi DPRD Medan. Segera menyusun kerja AKD. Dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan warga Kota Medan.

Setelah kegiatan pelantikan dengan pengambilan sumpah, Hasyim SE kepada wartawan menyampaikan,  ”Banyak persoalan rakyat yang harus kita tampung. Setelah pelantikan ini, kami akan fokus, terutama yang sangat penting pembentukan alat kelengkapan dewan itu, supaya kita bisa bekerja maksimal. Misalnya rapat dengar pendapat di komisi-komisi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tentunya ini membahas beragam persoalan rakyat. Dan juga membahas yang berkenaan dengan anggaran,” kata Ketua DPRD Kota Medan itu didampingi istri dan anggota keluarganya.

Kemudian Hasyim juga berharap dukungan dari warga Kota Medan agar dirinya mampu mengemban amanah rakyat sebagai Ketua DPRD Kota Medan.

”Saya duduk disini (legislatif) adalah amanah dari rakyat. Saya sangat butuh suport agar amanah ini bisa saya laksanakan dengan maksimal dan tentunya demi kepentingan rakyat,” tutupnya.

Ucapan Selamat Pemko Medan 

Pada pelantikan tersebut, Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi dalam sambutannya mengucapkan selamat atas peresmian dan pengambilan sumpah/janji keempat pimpinan DPRD Medan masa jabatan 2019-2024. Plt Wali Kota Medan berharap para pimpinan DPRD Medan dapat menjalankan tugas, tanggung jawab dan amanat yang diberikan warga Kota Medan dengan penuh amanah.

“Atas nama Pemko Medan kami mengucapkan selamat kepada keempat pimpinan DPRD Medan yang telah diambil sumpah/janjinya. Kami bersyukur seluruh rangkaian mulai pemilihan hingga proses peresmian penetapan berjalan dengan aman dan lancar. Tentu, tugas berat sudah menanti dihadapan mata. Sebab masyarakat menunggu hasil kerja nyata kita,” kata Plt Wali Kota.

IKLAN ADS

Selanjutnya, Plt Wali Kota mengajak pimpinan dan seluruh unsur DPRD Medan agar senantiasa menjaga koordinasi, komunikasi dan kerjasama dengan Pemko Medan untuk bersama-sama membawa dan menjadikan Kota Medan ke arah yang lebih baik di segala bidang. Terlebih dalam mendukung program-program pembangunan yang telah dicanangkan.

“Semoga hubungan baik yang terjalin antara Pemko Medan dan DPRD Medan dapat semakin solid guna mewujudkan visi misi Kota Medan menjadi kota metropolitan yang multikultural, humanis, berdaya saing, sejahtera dan religius. Disamping itu juga demi terciptanya kesejahteraan rakyat yang dapat dirasakan secara adil dan merata,” tambahnya.

Mantan anggota DPRD Medan itu kemudian mengungkapkan agar pimpinan DPRD Medan dapat menciptakan dan menjaga iklim DPRD Medan senantiasa baik, harmonis dan humanis. 

“Hendaknya semua unsur dapat menjaga kualitas DPRD Medan sehingga dapat menerima aspirasi masyarakat untuk didengar dan diimplementasikan. Semoga masa jabatan lima tahun ini senantiasa diisi dengan kesungguhan bekerja. Mari bekerja keras, bekerja tuntas dan bekerja ikhlas,” ajaknya.

Mengakhiri sambutannya, Plt Wali Kota juga kembali mensosialisasikan pengunaan tumbler (botol air minum isi ulang) sebagai upaya mengurangi sampah plastik di Kota Medan. 

“Mulai hari ini, mari kita gunakan tumbler dalam aktifitas sehari-hari. Ini menjadi salah satu langkah konkrit kita untuk mengurangi sampah plastik serta upaya menjaga alam dari kerusakan lingkungan demi hidup anak cucu di masa mendatang. Semoga Allah SWT meridhoi setiap niat baik dan langkah kita dalam bekerja,” pungkasnya.

Bisa Lebih Maksimal

Masih di lokasi kegiatan pelantikan pimpinan DPRD Kota Medan, tampak pula Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga S.Sos hadir.

Pada kesempatan itu, Dandim turut mengucapkan selamat. Kepada tobapos.co, mantan Kapendam Kodam 1/BB itu mengatakan berharap pimpinan yang dilantik bisa mengemban jabatan dengan amanah dan penuh tanggung jawab dan agenda DPRD Medan kedepannya bisa lebih maksimal demi kepentingan rakyat.

Dukungan Ormas

Ketua Umum Masyarakat Peduli Sumatera Utara (MPSU), Mulya Koto  bersama Pembina organisasi masyarakat tersebut, Ir. Felix Simbolon berada diantara undangan yang hadir di gedung DPRD Medan saat pelantikan itu. 

Saat tersebut Mulya Koto menyampaikan, ormas MPSU merupakan pendukung penuh Ketua DPRD Medan yang dilantik, Hasyim SE yang juga Dewan Pembina MPSU. 

 

”Semalam kita dapat undangannya langsung dari Bapak Hasyim. Semoga Bapak Hasyim yang kini menjabat Ketua DPRD Kota Medan bisa menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya, dan kita siap mengawal kebijakan beliau,” ucapnya. (MU)

Share :

Baca Juga

NASIONAL

Jaksa Agung: Soal Jaksa Nakal Kalau Tak Bisa Dibina Saya Binasakan

SEKITAR KITA

UD Suwarno Kelapa, Launching Sekaligus Syukuran Atas Usahanya

BERITA UTAMA

Polda Sumut Perpanjang Masa Operasi Ketupat Toba 2020 Hingga 07 Juni Mendatang

PEMERINTAHAN

Akhyar Hadiri HUT Al-Jam’iyatul Washliyah ke 89

SEKITAR KITA

Kapolsek Medan Helvetia Beri Kejutan Hari Ulang Tahun Kepada Orang Terdekatnya

SEKITAR KITA

Kapolrestabes Medan Jhonny Edison Isir Dimutasi Jadi Kapolrestabes Surabaya

SEKITAR KITA

DPP P4B: Kami Jangan Diganggu, Kami Pasti Melawan

SEKITAR KITA

Putus Mata Rantai Covid-19, Kapolsek Medan Area Berikan Himbauan kepada Masyarakat