Home / DUNIA

Minggu, 2 Februari 2020 - 14:59 WIB

Filipina Laporkan Korban Tewas Pertama Akibat Virus Corona

MediaUtama | Filipina – Pemerintah Filipina resmi melaporkan korban meninggal pertama akibat virus corona. Korban tersebut juga menjadi yang pertama berasal dari luar China.

Kementerian Kesehatan Filipina mengatakan warga China dari Wuhan masuk rumah sakit pada 25 Januari karena demam, batuk dan radang tenggorokan. Pria berusia 44 tahun tersebut kemudian mengalami pneumonia akut.

“Dalam hari-hari terakhir, pasien dalam kondisi stabil dan menunjukkan perkembangan. Tapi kondisi pasien memburuk dalam 24 jam terakhir yang mengakibatkan kematian,” tulis Kementerian Kesehatan Filipina seperti dilansir Associates Press.

Salah satu rekan yang menemani pasien pria tersebut dan juga berasal dari Wuhan juga dinyatakan positif mengidap virus corona. Perempuan berusia 38 tahun tersebut kini masih berada di ruang isolasi sebuah rumah sakit di Manila. Ia juga menjadi kasus kedua di Filipina.

Sebelumnya, jumlah penyebaran virus corona bertambah 2.590 kasus menjadi 14.380 pada Minggu (02/02)2020). Komisi Kesehatan Nasional China mencatat korban meninggal dunia akibat wabah virus corona mencapai 304 orang.

Baca Juga : 

Mantan PM Selandia Baru Mike Moore Tutup Usia

IKLAN ADS

Australia Pastikan Kasus Pertama Virus Corona China

Mayoritas korban meninggal dunia berasal dari Wuhan, Provinsi Hubei yang merupakan pusat penyebaran virus corona. Tercatat korban tewas akibat virus corona di Wuhan bertambah 45 orang, total 294 korban dari provinsi Hubei.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menerbitkan peringatan kepada negara-negara sekitar untuk bersiap-siap penyebaran wabah virus corona karena sudah banyak negara yang melaporkan infeksi lokal.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, hingga Minggu (02/02/2020), lebih dari 140 kasus terkonfirmasi di luar lebih dari 20 negara di luar China, termasuk Amerika, Eropa, Asia, Australia, dan Timur Tengah.

Beberapa kasus bahkan melibatkan orang yang tak datang dari China, mengindikasikan ada infeksi akibat kontak antar-manusia.

 

(MU/CNNI)

Share :

Baca Juga

DUNIA

Australia Pastikan Kasus Pertama Virus Corona China

DUNIA

Puluhan Dokter Mogok Makan di Pakistan Tuntut Alat Pelindung Diri

DUNIA

AS-Meksiko Bahas Strategi Atasi Kartel Narkoba

DUNIA

Empat Wartawan Palestina di Yerusalem Ditahan Israel

DUNIA

Polisi Filipina Pantau Sosial Media Mencari Pelanggar Protokol Covid-19

DUNIA

AS Sanksi Lembaga Rusia Terkait Serangan Malware Manipulasi

DUNIA

Presiden Iran Wajibkan Warganya Pakai Masker di Ruang Publik

DUNIA

Israel Uji Coba Rudal Berkemampuan Nuklir, Iran Terancam