Home / EKBIS

Selasa, 19 Mei 2020 - 12:05 WIB

Mendes Sebut BLT Dana Desa Sudah Tersalurkan 24 Persen

Ket Foto : Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan sebanyak 12.829 desa atau 24 persen sudah menyalurkan BLT Dana Desa.Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Ket Foto : Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan sebanyak 12.829 desa atau 24 persen sudah menyalurkan BLT Dana Desa.Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

MediaUtama | Jakarta – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan sebanyak 12.829 desa sudah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Jumlah ini setara dengan 24 persen dari 53.156 desa yang Rekening Kas Desa (RKD)-nya sudah tersalur bantuan.

“Jadi alhamdulillah lumayan percepatannya,” kata Abdul, dikutip dari Antara, Selasa (19/05/2020).

Ia mengatakan peningkatan itu cukup baik dibandingkan 15 persen yang tercatat beberapa hari sebelumnya. Peningkatan tersebut, katanya, berkat adanya penambahan ratusan desa yang melakukan proses pencairan BLT Dana Desa dalam dua hari terakhir.

“Hari ini memang banyak sekali proses pencairan atau penyaluran (BLT) Dana Desa mulai kemarin. Kemudian, pagi tadi ada yang berombongan,” katanya.

Berombongan artinya, kata dia, dalam satu kabupaten ada sekitar 150 hingga 200 desa yang secara bersamaan melakukan penyaluran BLT Dana Desa.

Peningkatan itu terjadi berkat upaya yang terus dilakukan Kemendes PDTT untuk mempercepat penyaluran BLT Dana Desa.

IKLAN ADS

“Ini karena memang kami terus melakukan upaya-upaya percepatan dan meminta bupati dan walikota agar memberikan kemudahan di dalam proses penyaluran, termasuk fasilitasi,” kata dia.

Proses percepatan itu, katanya, merupakan komitmen sekaligus harapan Presiden agar BLT Dana Desa segera disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebelum Lebaran sehingga masalah kekurangan pangan dapat segera teratasi.

Dari total 53.156 desa yang RKD-nya sudah disaluri Rp20,8 triliun BLT Dana Desa, 46.174 di antaranya, kata dia, telah menyelesaikan musyawarah desa khusus (Musdesus).

“Artinya data tentang calon keluarga penerima manfaat sudah siap di sejumlah 46.174 desa, atau 87 persen,” kata Mendes.

Dari 46.174 desa tersebut, 12.829 desa atau 24 persen sudah menyalurkan BLT Dana Desa. Sedangkan 33.345 desa atau 63 persen lainnya sudah melakukan Musdesus dan menetapkan calon KPM tetapi belum menyalurkan BLT Dana Desa.

(MU/REP)

Share :

Baca Juga

EKBIS

Lufthansa Catat Rugi Bersih Rp33,77 T Akibat Covid-19

EKBIS

Yen Menguat, Yuan Jatuh Karena Perang Perdagangan Meningkat

DUNIA

60 Juta Pekerja Eropa Terancam Potong Gaji Hingga PHK

EKBIS

Beko Diturunkan Satgas TMMD Kodim 0203/Lkt Buka Badan Jalan

EKBIS

Indosat Akan Bantu Tangani Kasus Pencurian Nomor Seluler Ilham Bintang

EKBIS

KKP Dorong Pembudidaya Ikan Produksi Pakan Mandiri

EKBIS

Sanksi OJK, Kasus Jiwasraya dan Skandal Dunia Bernie Madoff

EKBIS

Uang 75 Ribu yang Diburu Kolektor hingga Hoaks Baju China