Home / EKBIS

Senin, 17 Agustus 2020 - 13:15 WIB

Uang Baru Pecahan Rp 75 Ribu Resmi Diluncurkan, Ini Orang Pertama yang Mendapatkannya

Ket Foto : Uang Rp. 75.000 edisi HUT RI ke. 75. (Tempo.co)

Ket Foto : Uang Rp. 75.000 edisi HUT RI ke. 75. (Tempo.co)

MediaUtama | Jakarta – Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia (BI) telah secara resmi meluncurkan uang baru edisi khusus peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.

Orang pertama yang mendapatkan uang ini adalah Guntur Soekarnoputra dan Mutia Hatta sebagai perwakilan dari keluarga proklamator, Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta, dan diberikan secara simbolis melalui virtual dalam acara Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia, Senin 17 Agustus 2020.

“Sebagai wujud syukur dan penghormatan kepada Proklamator Alm. Bapak Ir. Soekarno, kami menyerahkan uang peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia, kepada keluarga Alm. Bapak Ir. Soekarno,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo saat menyerahkan uang baru secara virtual kepada Guntur, Senin 17 Agustus 2020.

Tak ketinggalan, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan uang spesial ini merupakan salah satu koleksi edisi khusus yang menggambarkan identitas bangsa. Dia juga turut menyerahkan uang spesial tersebut kepada Mutia Hatta.

Baca JugaHUT RI ke-75, BI Cetak 75 Juta Lembar Uang Pecahan Baru Rp 75 Ribu

IKLAN ADS

“Sebagai wujud syukur dan penghormatan kepada Proklamator kita Drs. Mohammad Hatta, kami akan serahkan uang peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia kepada keluarga Alm. Drs. Mohammad Hatta,” kata Sri Mulyani dilansir dari tempo.co, Senin (17/08/2020).

Adapun, uang baru ini berjenis uang kertas dengan nominal pecahan Rp 75.000.

Uang ini memiliki 3 tema dan makna filosofi, yaitu mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan dan menyongsong masa depan gemilang.

“Sebagai wujud rasa syukur kita atas anugerah kemerdekaan dan pencapaian-pencapaian selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia maka pengeluaran uang rupiah edisi khusus dalam peringatan 75 tahun kemerdekaan RI bertepatan dengan tanggal 17 Agustus 2020,” kata Sri Mulyani.

 

[MU/TC]

Share :

Baca Juga

EKBIS

Pertamina Tukar Tabung Gas Biru 12 Kg ke Bright Gas Pink

EKBIS

Presiden Jokowi Minta BPK Audit Dana Penanganan Dampak Covid-19

EKBIS

BI Diskon Biaya Transaksi QRIS untuk Beli BBM 

EKBIS

HUT RI ke-75, BI Cetak 75 Juta Lembar Uang Pecahan Baru Rp 75 Ribu

EKBIS

Tunggu AS-China, Emas Antam ‘Macet’ di Rp752 Ribu per Gram

EKBIS

Beko Diturunkan Satgas TMMD Kodim 0203/Lkt Buka Badan Jalan

EKBIS

Mendes Sebut BLT Dana Desa Sudah Tersalurkan 24 Persen

EKBIS

Ini Syarat Karyawan Bisa Dapat Bantuan Pemerintah Rp 600 Ribu Per Bulan