Home / NASIONAL

Senin, 16 November 2020 - 13:28 WIB

Mahfud MD: Saya Wong Ndeso di Madura, Tapi di Arab Saudi Dipanggil Habib Mahfud

Ket Foto : Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

Ket Foto : Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

MediaUtama | Jakarta – Gelar habib yang disandang Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab terus menuai pro kontra di masyarakat.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan, panggilan ‘habib’ ditujukan kepada seseorang yang dihormati. Hal tersebut diutarakan Mahfud dalam akun Twitternya, 19 Desember 2018 silam.

Karena kata dia, tidak semua orang yang dipanggil dengan sebutan ‘habib’ merupakan keturunan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

“Banyak orang tak paham arti habib. Habib itu sebutan hormat dan sayang kepada seseorang. Misal kepada rektor, menteri, dirut PJKA. Tak semua yang dipanggil habib keturunan Nabi,” kata Mahfud, dikutip dari akun Twitternya, Senin (16/11/2020) dilansir dari Okezone.com.

Mahfud merespons kontroversi panggilan habib. Sebab, ada beberapa figur yang dipanggil dengan sebutan tersebut, namun ternyata berurusan dengan hukum.

IKLAN ADS

Mahfud memaparkan, keturunan Rasulullah terbagi dua, dari jalur Hasan dan Husein. Dari jalur Hasan, disebut Syarif (jika laki-laki) atau Syarifah (bila perempuan).

Adapun dari jalur Husen disebut Sayyid (laki-laki) dan Sayyidah (perempuan). Untuk diketahui, Hasan dan Husein merupakan cucu Rasulullah. Mereka putra dari pasangan Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az Zahra (putri Rasulullah).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini juga mengaku pernah dipanggil dengan sebutan habib saat di Arab Saudi beberapa waktu lalu.

“Saya saja keturunan wong ndeso di Madura. Tapi kalau ke Saudi dan ketemu orang sering dipanggil habib. Pernah pula mendapat surat dalam Bahasa Arab yang ditujukan kepada Alhabib Mahfud,” pungkasnya.

[MU/OC]

Share :

Baca Juga

NASIONAL

Mantan Penasihat KPK Said Zainal Abidin Wafat

BERITA UTAMA

Kisah Polisi Ini Mengajar Anak-anak dari Rumah ke Rumah karena Tak Ada Ponsel

NASIONAL

Kebakaran Kejagung Padam, 25 Tahanan Bakal Dikembalikan

BERITA UTAMA

Covid-19 Bencana Nasional, Doni Monardo Pegang Komando Anggaran

BERITA UTAMA

Mendagri Wajibkan Pemda Buat Program Pemberdayaan Perempuan dan Anak

NASIONAL

Pemerintah Resmi Larang Mudik Lebaran 2021

NASIONAL

Jokowi-Prabowo Disarankan Bertemu, Ciptakan Situasi Damai

NASIONAL

KY Sebut 178 Orang Daftar Calon Hakim Agung dan Ad Hoc di MA