Perkumpulan Jurnalis Media Independen Hadir di Sumut

  • Bagikan

MediaUtama | Medan – Perkumpulan Jurnalis Media Independen Sumatera Utara atau JMI SUMUT yang berkedudukan di Medan Provinsi Sumatera Utara, terbilang Organisasi yang cukup menarik, karena diisi dari berbagai kalangan profesi.

Tak hanya Jurnalis, profesi Advokat/Pengacara, Akademis, Pengusaha serta generasi milienial yang masih duduk di bangku perkuliahan (mahasiswa) ikut bergabung di dalam JMI SUMUT.

JMI SUMUT ini, diketuai Fachrizal SE MM bersama Sofy Anwar SH yang diamanahkan sebagai Sekretaris. Ada juga nama Ikhwaluddin Simatupang SH MHum, mantan Ketua LBH Medan, ikut bergabung sebagai Pengawas JMI SUMUT.

Untuk mewujudkan terbentuknya JMI SUMUT, para pengurus yang berasal dari berbagai profesi itu, duduk bersamaan untuk mematangkan persiapan pendeklarasian JMI SUMUT yang wacananya dilakukan habis lebaran atau sekitar bulan Mei 2021.

“Insha Allah, JMI SUMUT akan dideklarasikan pada bulan Mei 2021, agar tujuan, visi dan misi lembaga ini bisa dirasakan oleh masyarakat banyak,” ungkap Ketua Umum JMI SUMUT, Fachrizal didampingi Sory Anwar.

Menurut Fachrizal, JMI SUMUT hadir membawa tujuan sosial untuk memberikan edukasi, advokasi serta kegiatan kemanusiaan.

Perkumpulan berbagai profesi ini membuka diri bagi siapa saja yang ingin bergabung. “Tak hanya kawan-kawan Jurnalis, rekan dari Dosen (Akademisi), pengusaha dan advokat/pengacara bergabung didalamnya. Semua profesi akan saling sinergi untuk mengatasi berbagai persoalan yang akan ditemukan di lapangan,” jelas Fachrizal.

Sofy Anwar menambahkan, hari ini, Rabu, 24 Maret 2021, merupakan langkah awal bagi pengurus JMI SUMUT untuk menyatukan persepsi. “Kita akan menyusun berbagai program yang real untuk kepentingan banyak orang, sehingga kehadiran JMI SUMUT dapat dirasakan,” sebut Sekretaris Umum JMI SUMUT yang juga berprofesi Jurnalis, di salah satu Stasiun Televisi Swasta.

Misalnya, lanjut Sofy, ketika rekan Jurnalis memperoleh kendala hukum di lapangan, maka JMI SUMUT siap menjadi garda terdepan mendampingi advokasinya.

“Tim advokat/pengacara yang bergabung di JMISU akan turun melakukan pendampingan hukum bagi kawan-kawan jurnalis yang tersandung kasus hukum,” beber Sofy.

Tak hanya bagi kawan-kawan Jurnalis, pendampingan hukum juga terbuka bagi masyarakat awam yang terkendala dari sisi hukum. “JMI SUMUT akan membuka diri bagi masyarakat umum (awam) untuk pendampingan hukum,” ucap Sofy.

[MU/Rel]

 8 views

  • Bagikan
Call Now ButtonKRITIK & SARAN