KERUSUHAN KEMBALI PECAH DI PENJARA EKUADOR, 24 TAHANAN TEWAS

  • Bagikan

 

MediaUtama.News – Sebuah penjara di Ekuador dilanda kerusuhan pada Selasa (28/9/2021) yang mengakibatkan sedikitnya 24 tahanan tewas.

Insiden berdarah tersebut merupakan kerusuhan ketiga sepanjang tahun ini di sistem penjara Ekuador sebagaimana dilansir Reuters.

Insiden terbaru itu terjadi di Penitenciaria del Litoral di provinsi Guayas.

Dalam beberapa bulan terakhir, fasilitas penahanan di Ekuador menjadi lokasi perkelahian berdarah antar-geng di dalam penjara untuk menguasainya.

“Sebuah peringatan muncul karena tembakan dan ledakan di beberapa area,” kata badan pemasyarakatan wilayah, SNAI, dalam sebuah pernyataan.

“Akibat kerusuhan, 24 (tahanan) tewas dan 48 orang mengalami luka-luka,” sambung badan tersebut.

SNAI mengatakan, pihak berwenang dapat menguasai kembali fasilitas itu sore harinya.

Kerusuhan juga sempat pecah di sejumlah penjara Ekuador, yang menampung sekitar 39.000 narapidana, pada Februari dan Juli.

Setidaknya 79 orang tewas dalam kerusuhan pada Februari. Dan pada Juli, setidaknya 22 orang tewas akibat kerusuhan.

Komisi Hak Asasi Manusia Antar-Amerika (IACHR) mengutuk kekerasan-kekerasan yang terjadi di penjara Ekuador.

Sementara itu, Human Rights Watch mendesak pemerintah Ekuador untuk menyelidiki kekerasan di dalam penjara dan menyeret mereka yang bertanggung jawab ke pengadilan.

Pada Agustus, Presiden Ekuador Guillermo Lasso mengatakan, pemerintah akan menganggarkan lebih banyak dana untuk sistem penjara di Ekuador yang sudah penuh sesak.

Dana tersebut bakal digunakan untuk meningkatkan kapasitas penjara dan memasang berbagai peralatan baru untuk meningkatkan keamanan di dalamnya. (REP/kompas)

  • Bagikan