Gara-gara Puntung Rokok, 28 Hektare Lahan di Sulteng Terbakar

  • Bagikan
Ket foto: Kebakaran hutan dan lahan di Sulteng. (detikcom)

MEDIAUTAMA.CO  – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menyebar di enam desa yang terdapat di dua kecamatan di Kabupaten Tojo Una Una (Touna), Sulawesi Tengah. Kebakaran itu menghanguskan 28 hektar lantaran puntung rokok.

Kebakaran terjadi sejak Senin, 9 September 2019 hingga hari ini l, dari hasil penyelidikan pihak kepolisian mengungkap bahwa penyebab kebakaran adalah puntung rokok.

“Kebakaran terjadi gegara puntung rokok, yang dibuang ke lahan kering. Kebakaran masih terjadi hingga saat ini, dan upaya untuk memadamkan masih terus dilakukan oleh TNI/Polri dan Pemadam Kebakaran Poso dan Touna,” ungkap Kapolres Touna AKBP Boyke Karel, Selasa (10/9/2019).

Kebakaran terjadi di Kecamatan Tojo dan Kecamatan Tojo Barat yang tersebar di Desa Lemaro ,Desa Mawomba, Desa Kabalo, Desa Tanamawau, Desa Korondoda dan Desa Buyuntaripa.

“Angin sangat kencang adalah kendala utama saat ini, sehingga penyebaran cepat terjadi. Untuk luas lahan yang terbakar di wilayah Kec.Tojo diperkirakan seluas 13 Ha dan kec. Tojo Barat diperkirakan seluas 15 Ha,”tuturnya seperti dikutip dari detikcom. (dtc/MU)

  • Bagikan