Home / PEMERINTAHAN

Rabu, 18 November 2020 - 23:09 WIB

Kader TP PKK se-Kota Medan Diharap Jadi Agen Sosialisasi Perwal No 27/2020 Kepada Masyarakat

MediaUtama | Medan – Kota Medan memiliki sejumlah tantangan yang membutuhkan solusi secara terpadu. Hal yang paling dekat saat ini adalah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) yang tentunya perlu penanganan yang intensif dari berbagai pihak. Selaku organisasi yang menyentuh kehidupan keluarga, TP PKK Kota Medan diharapkan dapat memberikan pemahaman dan edukasi kepada para kadernya yang saat ini dapat dijadikan sebagai agen – agen sosialisasi yang akan mengedukasi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai Perwal 27/2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru pada masa Pandemi Covid 19 di Kota Medan

Demikian disampaikan Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT diwakili Kadis Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Medan Khairunnisa Mozasa saat membuka Rapat Konsultasi (Rakon) TP PKK Kota Medan Tahun 2020 di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Medan Jalan Sudirman No 35 Kelurahan Jati Kecamatan Medan Maimun, Rabu (18/11).

Dalam sambutannya Kadis DP3APM Kota Medan, mengatakan selaku mitra pemerintah sekaligus organisasi yang tergolong mapan baik dari segi struktur maupun pelaksanaan 10 program kerja TP PKK yang sangat menyentuh organisasi terkecil dari masyarakat yakni keluarga. TP PKK haruslah mampu mengimplementasikan programnya kepada kegiatan-kegiatan yang pro warga Kota Medan.

“Hal ini selaras dengan prinsip-prinsip pembangunan kota yang tengah dijalankan pada saat ini. Untuk itu, saya atas nama Pemko Medan mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pjs Ketua dan jajaran pengurus TP PKK Kota Medan atas kinerjanya selama ini dalam mengoptimalkan program-program pembangunan Kota Medan yang sudah dan sedang dilaksanakan,” kata Khairunnisa.

Walaupun demikian, tambah Kadis DP3APM Kota Medan, masih banyak hal-hal yang perlu untuk diperhatikan bersama, terkait masalah kebersihan lingkungan, pendidikan anak usia dini, kesehatan ibu dan balita, serta peningkatan ekonomi dan kesejahteraan keluarga. Namun, Ia yakin TP PKK Kota Medan mampu dan berhasil mengatasi setiap kendala dan hambatan dalam program-program kerja yang sedang dilaksanakan tersebut.

“Saya berharap kepada seluruh peserta Rakon dapat mengoptimalkan momentum ini untuk merancang program kerja yang lebih baik, dan terukur sehingga hasilnya akan lebih maksimal ke depannya. Tidaklah mudah untuk mewujudkan hal tersebut, maka untuk itu, dalam melaksanakan program PKK Kota Medan kedepannya, harus mendapat dukungan kinerja yang lebih baik, mulai dari tingkat lingkungan,  kelurahan, kecamatan, kota hingga provinsi,” jelasnya.

Sebelumnya, Pjs Ketua TP PKK Kota Medan Dian Rumondang Arief Sudarto Trinugroho dalam sambutanya mengatakan rapat konsultasi (rakon) TP PKK Kota Medan adalah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh TP PKK Kota Medan setiap tahunya. Kegiatan Rakon ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari hasil rapat koordinasi (rakor) TP PKK Provinsi Sumatera Utara dengan TP PKK Kabupaten/Kota se-Sumut.

IKLAN ADS

Didampingi Wakil Ketua I TP PKK Kota Medan Ismiralda Wiriya Alrahman, Pjs TP PKK Kota Medan menyebutkan tujuan dari Rakon ini yakni guna membangun persamaan persepsi dan keterpaduan dalam pengelolaan gerakan PKK, sekaligus menerima informasi program kerja dari tim penggerak PKK Kecamatan se Kota Medan tahun 2021.

“Sebagaimana yang kita ketahui bahwa program kerja TP PKK Kota Medan melalui 10 program pokok PKK merupakan aspek-aspek yang sangat menyentuh langsung kehidupan bermasyarakat, oleh karena itu kedepan hal ini perlu dipertajam dengan dukungan kinerja yang lebih baik. Lebih lanjut tema rakon TP PKK Kota Medan tahun 2020 yang diangkat tahun ini ialah “melalui rapat konsultasi TP PKK tahun 2020, kita laksanakan konsolidasi program sebagai sarana mewujudkan akselerasi program-program PKK”,” sebutnya.

Oleh karena itulah Pjs TP PKK Kota Medan berharap kepada semua peserta Rakon agar dapat mengoptimalkan momentum ini untuk merancang program kerja yang lebih baik, realistis dan terukur sehingga hasilnya nanti akan lebih maksimal. “Saya berharap dengan dilaksanakanya rakon TP PKK Kota Medan ini kiranya gerakan PKK di semua jenjang akan lebih profesional, maju, berkembang dan efektif dalam upaya memberdayakan dan mensejahterakan keluarga dan masyarakat di Kota Medan khususnya dalam melaksanakan 10 program pokok PKK,” harap Dian Murondang.

Kemudian, Rakon ini dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber yakni Wakil Sekretaris I TP PKK Provinsi Sumut Drs H Ruhyat terkait Sosialisasi Peraturan Presiden RI No 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga dan dilanjutkan dengan tanya jawab.

[MU/KR]

Share :

Baca Juga

PEMERINTAHAN

Dinas Koperasi & UKM Terima Kunjungan P4B

BERITA UTAMA

Lagi, 186 KTP Warga Tak Pakai Masker Ditahan 

PEMERINTAHAN

Bupati Asahan Lantik 20 ASN dan 3 Pejabat Tinggi Pertama Kembali Dikukuhkan

PEMERINTAHAN

Menghidupkan Kembali Permainan Tradisional Melalui Festival Layang-Layang

BERITA UTAMA

Pemerintah Jamin Pemulangan WNI dari Wuhan Tak Bahayakan Warga Natuna

PEMERINTAHAN

Akhyar Edukasi Siswa SMPN 38 Cintai Kebersihan

PEMERINTAHAN

Akhyar dan Wamen LHK Tanam Pohon di HPSN 2020

PEMERINTAHAN

Pemko Medan Kukuhkan 6 Anggota Paskibraka