Warga Ampiang Parak Selamatkan Tapir yang Masuk ke Selokan Irigasi

Seekor Sapir saat terjebak di selokan irigasi di Nagari Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. (Foto Kiri). Sapir setelah berhasil diselamatkan warga langsung lepas ke hutan sekitar. (Foto Kanan).(Foto:Mu/dok/BKSDA Sumbar)

Pesisir Selatan, Mediautama.news – Seekor Tapir yang terjebak masuk ke selokan irigasi di daerah Nagari Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Senin (17/7/ 2023), berhasil diselamatkan warga.

Kepala Balai KSDA Sumbar yang mendapat informasi segera menurunkan Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) ke lokasi. Namun, setibanya di lokasi, tim mendapati bahwa hewan mamalia langka ini, telah berhasil diselamatkan secara bergotong royong oleh warga Ampiang Parak.

Pada saat yang sama, petugas Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat bersama dokter hewan dari Dinas Pertanian Pesisir Selatan juga tiba di lokasi.

Berdasarkan informasi dari warga, satwa tersebut setelah berhasil diselamatkan dari selokan irigasi, langsung lepas dengan sendirinya karena kondisinya yang masih kuat dan sehat.

Tim WRU pun segera melakukan penyisiran untuk memastikan keberadaan satwa tersebut telah aman di habitatnya, di hutan sekitar yang masih alami, tetapi Tim WRU tidak menemukan keberadaan satwa tersebut.

Balai KSDA Sumatera Barat pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah bergotongroyong menyelamatkan satwa langka yang dilindungi tersebut. (r/BKSDA Sumbar)

Editor: Edward

 100 views

x