Kesultanan Negeri Langkat Gelar Doa Bersama dan Pemindahan Pusaran Pahlawan Nasional

  • Bagikan

MediaUtama | Langkat – Pemangku adat Kesultanan Negeri Langkat, Syekh Azwar Abdul Djalil Rahmatshah Al Hajj mengadakan acara pembacaan surat Yasin, Yahtim, Tahlil, dan Doa bersama.

Acara tersebut dalam rangka pemindahan pusara pahlawan nasional Tengku Amir Hamzah, para leluhur dan Dzuriat Kesultanan Langkat yang dilaksanakann di Masjid Azizi Tanjung Pura, Kabupaten Langkat. Sabtu (29/02/2020) sekitar pukul 10.00 WIB.

Dari pantauan, pemindahan lahan pemakaman tersebut diketahui berjarak lebih kurang 300 meter sebelah kanan di areal Masjid Azizi.

Kegiatan itu dihadiri Langsung Bapak Gubernur Sumatera Utara, H. Edi Rahmayadi, Bapak Bupati Langkat Terbit Rencana PA. SE, Sekda Kabupaten Langkat dr. H. Indra Salahuddin, M. kes, Tuan Guru Babussalam Langkat Khalifah Zilman Fuad, Anggota DPR RI Prof. Dr Djohar Arifin Husin.

Selanjutnya juga dihadiri Bapak Kadis Kesehatan Kabupaten Langkat dr. H. Syopyan Armaya, Kapolsek Tanjung Pura, Danramil Tanjung Pura dan beberapa ormas yakni ISMI, FPI, KNPI, Laskar Melayu, FKPPI serta masyarakat Kabupaten Langkat khususnya Kecamatan Tanjung Pura.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Utara, Edi Rahmayadi menceritakan kepada para undangan tentang kisah pahlawan nasional T. Amir Hamzah sebagai sosok yang dikenal dan diingat sebagai seorang Penyair. Para undangan pun tampak mendengarkan dengan sangat hikmat.

Menurutnya, Kabupaten Langkat kaya akan pendidikan dan ilmu agama sehingga beliau berencana membangun sekolah unggulan di kecamatan Besitang.

“Kabupaten Langkat ini kaya akan pendidikan dan ilmu agama, saya berencana membangun sekolah di Kecamatan Besitang. Tak lupa juga saya mengajak masyarakat melayu untuk lebih menghargai sultan-sultan melayu seperti di luar negeri,” ucapnya.

Diakhiri acara, kegiatan dilanjutkan acara  dengan pembacaan surah Yasin, Tahtim Tahlil dan Doa serta pelantikan Badan Kenaziran Masjid-masjid Azizi Tanjung Pura periode 2020 sampai 2022 yang langsung dilantik oleh Pemangku Adat Kesultanan Langkat.

(Fadli Amri)

  • Bagikan