Home / HUKUM

Kamis, 26 November 2020 - 23:50 WIB

Pengedar Sabu Asal Sergai Dituntut 9 Tahun Penjara

Ket Foto : JPU membacakan tuntutan secara video conference di ruang Cakra 3 Pengadilan Negeri Medan.

Ket Foto : JPU membacakan tuntutan secara video conference di ruang Cakra 3 Pengadilan Negeri Medan.

MediaUtama | Medan – Terdakwa Winanda Saputra (31) pengendar sabu seberat 5,9 gram dituntut 9 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ermahyanti Tarigan di ruang Cakra 3 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (26/11/2020).

“Meminta kepada majelis hakim agar menjatuhkan hukuman kepada terdakwa Winanda Saputra dengan pidana penjara selama 9 tahun,” kata JPU Ermahyanti Tarigan di hadapan majelis hakim yang diketuai Jarihat Simarmata.

Selain pidana penjara, JPU juga membebankan terdakwa dengan membayar denda Rp1 miliar dengan ketentuan apabila tidak dibayar digantikan dengan pidana penjara selama 3 bulan.

Dalam sidang yang digelar secara video conference, JPU menilai perbuatan warga Desa Bingkat, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai ini terbukti bersalah melanggar Pasal 114 ayat (2) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Yakni tanpa hak dan melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, menyerahkan atau menerima narkotika golongan I berupa narkotika jenis sabu melebihi 5 gram,” ujar JPU.

Usai mendengarkan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU), majelis hakim yang diketuai Jarihat Simarmata menunda persidangan pekan depan dengan agenda nota pembelaan (pledoi) dari terdakwa.

Sementara mengutip dakwaan JPU Ermahyanti Tarigan mengatakan sebelumnya petugas dari Dit Res Narkoba Polda Sumut menerima informasi dari warga bahwa ada peredaran Narkotika jenis sabu di Dusun XI Desa Bingkat, Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai tepatnya didekat gubuk kosong.

IKLAN ADS

“Mengetahui hal tersebut, petugas  langsung mengecek kebenaran informasi dari warga dan berangkat secara bersama-sama menuju lokasi di sebutkan warga tersebut di Dusun XI Desa Bingkat Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai Propinsi Sumatera Utara tepatnya didekat gubuk kosong,” kata JPU.

Sesampainya di lokasi tersebut, petugas  melihat sebuah gubuk kosong dan langsung melakukan pemeriksaan di lokasi tersebut dan melihat terdakwa Winanda sedang memaket-maketkan Narkotika jenis sabu kedalam plastik klip kecil.

“Nah, melihat hal itu, petugas langsung melakukan penangkapan terhadapnya dan menemukan sebuah kotak rokok merek sampoerna yang didalamnya terdapat 1 bungkus plastik klip warna putih tembus pandang yang berisikan sabu seberat 3 gram dan 5 bungkus plastik yang berisikan 2,9 gram dengan total keseluruhan 5,9 gram,” kata JPU.

Saat diinterogasi, terdakwa mengakui bahwa sabu tersebut didapatnya dari Saring alias Kincong (DPO) di Pasar I Desa Bingkat, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Berdagai sebanyak 5 gram seharga Rp4 juta.

Kemudian apabila sabu tersebut dapat dijualkan kepada pembeli maka terdakwa akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp600 ribu.

“Atas perbuatannya, petugas membawa terdakwa beserta dengan barang bukti ke kantor Dit Res Narkoba Polda Sumut guna proses penyidikan lebih lanjut,” pungkas JPU Ermahyanti Tarigan.

[MU-01]

Share :

Baca Juga

BERITA UTAMA

Oknum Polisi Ludahi Pengendara, Kapolrestabes Medan: Akan Kita Mutasi ke Luar Daerah

HUKUM

Lantarkan Istri Selama 3 Tahun, Kabid PPKB Medan Dituntut 20 Bulan Penjara

HUKUM

Nekat Jambret HP di Pinggir Jalan, Pria Ini Diamankan Polisi

HUKUM

Dituntut Mati, Boi Menangis Minta Keringanan Hukuman

HUKUM

Nagih Utang ‘Bu Kombes’ Via Instagram, Febi Malah Dituntut 2 Tahun Penjara

HUKUM

Sat Reskrim Polresta Deli Serdang Tangkap Pelaku Pencuri Sarang Burung Walet

HUKUM

Polsek Firdaus dan Muspika Razia Warung Remang-remang di Sei Bamban

HUKUM

Tanpa Didampingi Pengacara, Dua Terdakwa Kurir Sabu 9,5 Kg Dituntut 16 Tahun Penjara