SUMUT  

Mahasiswa STIT Unjuk Rasa di Kantor Bupati Batu Bara, Tuntut Realisasi Beasiswa

Aksi Mahasiswa STIT : Presiden mahasiswa STIT Batu Bara, Muhammad Khairun Nizam saat menyampaikan tuntutannya (Foto Atas). Aksi mahasiswa di depan kantor Bupati Batu Bara mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian, Kamis (22/9/2022). (Foto bawah).(Foto: Mu/dok)

Batu Bara, Mediautama.news – Sejumlah Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Batu Bara menggelar unjuk rasa dan konvoi sholawat di halaman Kantor Bupati Batu Bara, Kamis (22/9/2022).

Aksi ini mendapat pengawalan ketat dari aparat Kepolisian Polres Batu Bara dan Satpol PP Pemkab Batu Bara, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Orator massa yang juga Presiden mahasiswa STIT Batu Bara, Muhammad Khairun Nizam dalam Orasinya, menuntut janji 21 Januari 2021 oleh Bupati Batu Bara Ir. Zahir di rumah dinasnya di Kuala Tanjung, yakni pemberian beasiswa kepada 100 Mahasiswa STIT Batubara.

Janji itu, jelas Nizam, bertepatan pada MoU STIT dan pemerintahan.

“Namun, hingga sekarang sudah setahun lebih, beasiswa tersebut tidak terealisasi. Padahal, STIT satu-satunya kampus yang ada di Kabupaten Batu Bara ,” tegasnya disambut yel-yel hidup mahasiswa berulang-ulang.

Saat berlangsung aksi, pihak mahasiswa yang mengenakan jas almamater berwarna biru ini, sempat diajak berdialog ke aula Kemenag Batu bara. Namun upaya itu ditolak dan mahasiswa STIT meminta dialog digelar di depan kantor Bupati, dengan alasan terbuka secara umum.

Aktivis yang dikenal vokal ini bersama rekan-rekannya mahasiswa lainnya mengaku sudah capek, karena hanya mendapat harapan yang tak jelas.

Menurut mahasiswa, mereka berasal dari keluarga nelayan, tukang ojek, pekerja serabutan yang hidup susah dan sangat kekurangan, namun punya keinginan bersekolah untuk merubah masa depan.

” Karenanya, sudah selayaknya kami diperhatikan terutama oleh pemerintah daerah ,” teriak mahasiwa.

Sementara, Plt Kadisdik Kabupaten Batu Bara Darwin Tumanggor yang menjumpai mahasiswa mengaku, saat itu mengikuti kegiatan mahasiswa di rumah dinas Bupati, tetapi ia tidak mendengar janji yang dilontarkan Bupati.

“Seharusnya kalau pun ada janji, itu tersurat dilakukan,” kata Tumanggor yang baru menjabat Plt Dinas Pendidikan Batu Bara.

Namun demikian, Tumanggor berjanji akan menyampaikan aspirasi mahasiswa STIT kepada Bupati. Karena anggaran tersebut sudah ditampung di P APBD 2022 ini.

Asisten I Sekdakab Baru Bara, Rusian Heri yang turut hadir menegaskan, jika memang anggaran beasiswa tersebut sudah ditampung di P APBD, berarti paling lama Bulan Desember 2022 ini sudah bisa terealisasi. (M Khairun).

 308 views