SUMUT  

1.184 Orang Narapidana Lapas Tebingtinggi Terima Remisi HUT Ke 78 RI, 19 Orang Bebas

Serahkan : Ketua DPRD Tebingtinggi didampingi Kalapas Anton Setiawan. menyerahkan SK remisi secara simbolis kepada 3 orang narapidana, di lapangan Lapas setempat, Kamis (17/8/2023) (Foto: Mu/dok).

Tebingtinggi, Mediautama.news – Sebanyak 1.184 Narapidana Lapas Kelas II B Tebingtinggi menerima remisi Umum dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI, Kamis (17/8/2023) di Lapas setempat. Sementara,19 orang dinyatakan langsung bebas.

Surat Keterangan (SK) remisi diserahkan usai upacara bendera. Dimana Ketua DPRD Kota Tebingtinggi, Basyaruddin Nasution bertindak sebagai inspektur pada upacara tersebut.

Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly dalam sambuatan tertulisnya yang dibacakan Basyaruddin berpesan kepada warga binaan yang mendapat remisi untuk menjadikan momentum ini sebagai sebuah motivasi untuk selalu berperilaku baik dan mematuhi aturan yang berlaku.

Program pembinaan yang sedang dijalankan saat ini, menurutnya, merupakan sebuah sarana untuk Warga Binaan agar lebih mempersiapkan diri untuk kembali ke masyarakat.

Saat menyerahkan SK remisi secara simbolis kepada 3 (tiga) orang narapidana, Ketua DPRD Tebing Tinggi Basyaruddin didampingi oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Anton Setiawan.

Kalapas Kelas II B Tebingtinggi Anton Setiawan menjelaskan, jumlah warga binaan Lapas Tebingtinggi hingga pada hari itu sebanyak 1.797 orang yang terdiri atas 1.343 orang narapidana dan 454 orang tahanan.

Dari total tersebut, ujarnya, jumlah narapidana yang memperoleh remisi sebanyak 1.184 orang dengan besaran remisi yang beragam, mulai dari 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, 5 bulan sampai 6 bulan.

Jumlah narapidana yang memperoleh Remisi Umum I sebanyak 1.157 orang dan RU.II sebanyak 27 orang. Dari 27 orang RU.II tersebut, 19 diantaranya langsung bebas karena telah habis masa pidananya.

Sedangkan 8 orang lainnya masih harus menjalani pidana penjara pengganti denda.(Yus)

Editor: Indan

 82 views

x