SUMUT  

Bupati Resmikan Kampung Budaya Batak Toba di Dolok Masihul, Sergai

Diulosi: Bupati Sergai H. Darma Wijaya, Wabup H Admin Yambunan, Dandim 0204/DS Letkol Yoga Aryanka diulosi saat peresmian kampung budaya Batak Toba di Desa Huta Nauli Kecamatan Dolok Masihul, Rabu (13/9/2023).(Foto: Mu/dok)

Sergai, Mediautama.news – Adat istiadat dan kebudayaan merupakan peninggalan dari nenek moyang, karenanya harus dilestarikan sebagai sejarah bangsa dan negara.

Hal itu diungkapkan Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya saat meresmikan kampung budaya Batak Toba di Desa Huta Nauli Kecamatan Dolok Masihul, Rabu (13/9/2023).

Selain itu, lanjutnya, acara peresmian kampung budaya ini momentum untuk memperingati dan merawat nilai budaya dalam pedoman kehidupan sehari-hari.

“Kami berikan apresiasi kepada warga desa yang sudah mendukung kampung budaya Batak Toba ini, termasuk juga panitia,” ujarnya.

Selain untuk melestarikan budaya, adanya kampung budaya Batak Toba ini juga diharapkan mampu mendorong perekonomian masyarakat sekitar.

“Peresmian ini juga diharapkan mendorong perekonomian warga. Jika selama ini pertanian menjadi mata pencarian, kedepan kita bisa meningkatkan ekonomi melalui pariwisata, ” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Huta Nauli Jefri Simanjuntak mengucapkan selamat datang kepada Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai beserta rombongan ke Desanya. Ia juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Sergai yang sudah mendukung penuh kegiatan ini.

“Desa Huta Nauli ini terdiri dari 5 dusun dengan jumlah penduduknya 1.450 jiwa. Diisi oleh Suku Batak Toba 98 persen, sisanya Suku Jawa dan Karo. Kami harap peresmian kampung budaya Batak Toba ini menjadi momentum bangkitnya adat budaya Batak Toba di Serdang Bedagai, ” ucapnya.

Lebih lanjut Kadis Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Akmal menyatakan bahwa di Serdang Bedagai memiliki banyak kampung budaya. Baik kampung budaya Jawa, kampung budaya Banjar, kampung budaya Melayu dan kampung budaya Batak Toba.

“Sebelumnya sudah dilakukan beberapa peresmian yakni kampung Melayu di Tanjung Beringin, kampung budaya Jawa di kampung Ibus Kecamatan Sei Rampah, kampung budaya Banjar di Pantai Cermin dan hari ini kampung Batak Toba di Desa Huta Nauli Kecamatan Dolok Masihul.

Pelestarian budaya dan kearifan lokal dilakukan baik berbentuk makanan, pakaian, mainan traditional, hingga kearifan lokal lainnya, “papar Akmal.

Peresmian kampung budaya Batak Toba ditandai dengan pemukulan gong serta penyematan ulos kepada Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai beserta unsur Forkopimda.

Turut hadir Kapolres Serdang Bedagai AKBP Oxy Yudha Pratesta, Dandim 0204 DS Letkol Yoga Aryanka, Ketua TP PKK Serdang Bedagai Ny. Rosmaida Darma Wijaya, kasi Intel Kejari Sergai dan para tamu undangan lainnya. (Sb 1)

Editor: Edward