SUMUT  

Polsek Tanjung Beringin dan Forkopimcam Deklarasi ‘Perang’ Terhadap Narkoba

Pawai : Usai deklarasi, unsur Forkopimcam bersama barisan elemen masyarakat dan pelajar Tanjung Beringin melakukan pawai show of force 'perang' terhadap narkoba, Kamis (14/9/2023). (Foto: Mu/dok)

Sergai, Mediautama.news – Polsek Tanjung Beringin Polres Serdang Bedagai (Sergai) bersama unsur Forkopimcam dan elemen masyarakat serta pelajar gelar deklarasi komitmen bersama ‘perang’ terhadap narkoba.

Dengan tema “Bersama mari kita pastikan semua orang hidup sehat”, deklarasi dilaksanakan di halaman rumah dinas Camat Tanjung Beringin, di Dusun VIII Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin, Kamis (14/9/2023).

Kapolres Sergai, AKBP Oxy Yudha Pratesta dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kabag Ops, Kompol LS Siregar menyampaikan, bahaya narkoba saat ini di wilayah Sumut menjadi perhatian presiden, hal ini tentunya harus menjadi perhatian bersama.

Saat ini, jelasnya, angka tahanan yang tersangkut kasus narkoba selama dua bulan terakhir di Polda Sumut dan jajaran mencapai 3.500 orang tahanan.

” Hal ini semakin bertambah untuk beberapa bulan ke depan. Untuk angka kasus narkoba di wilayah hukum Polres Sergai dalam rentang waktu Januari sampai Agustus tahun 2023 sebanyak 132 perkara dan 157 tersangka ,” ujarnya.

Pengentasan narkoba, lanjutnya, menjadi tanggung jawab bersama, baik pemerintah maupun masyarakat.

Selain upaya penegakan hukum oleh aparatur kepolisian, Oxy menegaskan ingin melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Saat mengetahui adanya peredaran gelap narkoba di lingkungan masing-masing, segera cegah dan tangkal. Komitmen ini harus dilakukan bersama dengan mendistrupsi atau merusak pasar-pasar narkoba.

Adapun isi komitmen bersama ini yakni, menyatakan menolak dan menyatakan perang terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba secara aktif di lingkungan masing-masing.

Ikut mencegah, mengawasi, menjaga keluarga dan warga sekitar lingkungan dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba, serta melaporkan segera kepada perangkat desa/kelurahan, kecamatan, dan kepolisian terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan masing-masing.

Camat Tanjung Beringin, Elmiyati mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Sergai yang telah menginisiasi deklarasi komitmen bersama ini.

Kapolsek Tangjungberingin, AKP Tobat Sihombing menyatakan, pihaknya siap melaksanakan komitmen bersama untuk memerangi dan menindak peredaran dan penyalahgunaan narkoba di wilkum Polsek Tanjungberingin.

“Untuk itu, kami mengimbau warga untuk menghubungi call center *110* Polres Sergai, apabila mengetahui adanya peredaran atau penyalahgunaan narkoba, agar dapat segera ditangani,” tegasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri, Kasat Lantas Polres Sergai AKP Andita Sitepu, jajaran Koramil Tanjung Beringin, Ka Bakamla Tanjung Beringin Letda (Mar) Arfan, Kakan UPP Kls II Tanjung Beringin Luderwijk Siahaan, Korwil Bidang Pendidikan Tanjung Beringin Firman Ginting, serta diikuti barisan para kepala desa dan perangkat desa se Kecamatan Tanjung Beringin, tokoh masyarakat dan tokoh agama, organisasi kepemudaan dan pelajar.

Usai deklarasi, unsur Forkopimcam bersama seluruh barisan peserta bergerak melaksanakan pawai show of force ‘Perang Terhadap Narkoba’ dengan menyusuri rute dari rumah dinas camat menuju Patung Udang simpang Desa Nagur dan kembali ke rumah dinas camat. (Rahmat)

Editor: Edward