SUMUT  

Banggar DPRD Kota Medan Rapat Finalisasi Pembahasan Ranperda P APBD TA 2023

Rapat: Banggar DPRD Kota Medan saat menggelar rapat finalisasi pembahasan Ranperda Kota Medan tentang P APBD TA 2023 bersama pink twrkait dari Pemko Medan, Senin (18/9/2023).(Foto: Mu/dok)

Medan, Mediautama.news – Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Medan menggelar rapat finalisasi pembahasan Ranperda Kota Medan tentang Perubahan APBD (P APBD) TA 2023, Senin (18/9/2023).

Rapat ini merupakan finalisasi dari hasil pembahasan Ranperda Kota Medan tentang P APBD TA 2023 yang telah dibahas dengan seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Medan.

Hasil pembahasan selanjutnya akan dilakukan penandatanganan/pengambilan keputusan sekaligus persetujuan bersama DPRD Kota Medan dengan Kepala Daerah para Rapat Paripurna DPRD Kota Medan.

Rapat yang berlangsung di ruang rapat Badan Anggaran DPRD Kota Medan, ini dipimpin Wakil Ketua DPRD yang juga wakil ketua Badan Anggaran HT Bahrumsyah SH MH didampingi Wakil Ketua H. Rajudin Sagala SPd I serta para Anggota Badan Anggaran DPRD Kota Medan lainnya.

Kemudian, tim anggaran Pemerintah Daerah Kota Medan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Medan, Badan Pendapatan Daerah Kota Medan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan.

Pada rapat, HT Bahrumsyah mengatakan hasil finalisasi yang didapat pada hari itu, berupa catatan-catatan terkait dengan P APBD TA 2023.

Menurutnya, ada beberapa yang disoroti terkait penggabungan beberapa OPD dan Dinas yang akan digabungkan di anggaran lebih, kemudian pihaknya merasionalkan kembali asumsi-asumsi pendapatan, baik pendapatan yang bersumber dari transfer pusat, provinsi maupun PAD.

Selanjutnya, kata Bahrumsyah, merasionalkan kembali asumsi-asumsi belanja seperti belanja modal, belanja operasi dan belanja pegawai.

Penyesuaian asumsi-asumsi itu, ujarnya, diharapkan agar di sisa waktu tidak banyak menimbulkan SilPA. Dan diharapkan dengan disahkannya rancangan pengganti P-APBD agar segera direalisasikan untuk mempercepat pembangunan yang masih mangkrak. (Dewa 1)

Editor: Wilfrid Sinaga