SUMUT  

Progres Pengerjaan Gedung Tower 1 RS Haji Medan, 73 Persen

Pengecekan : Direksi RSU Haji Medan melakukan pengecekan ke lokasi pembangunan Gedung Tower 1, belum lama ini. (Foto:Mu/dok)

Medan, Mediautama.news – Progres pengerjaan Gedung Tower 1 UPTD Khusus RSU Haji Medan hingga bulan Juni 2023, sudah mencapai 73%.

Direktur RSU Haji Medan melalui Wakil Direktur Umum dan PSDM RSU Haji Medan Ridesman SH SKM MKes MH (Kes) mengatakan hal itu, Jumat (7/7/2023).

Ridesman mengatakan, pihaknya telah melakukan mock up (pengecekan) langsung ke lokasi pembangunan gedung tersebut.

“Kami langsung ke lokasi untuk melakukan pengecekan bahan hingga desain sesuai dengan berita acara. Alhamdulillah bahan hingga desainnya sudah sesuai,” ujarnya.

Menurutnya, tower 1 sebanyak 8 lantai digunakan untuk rawat inap pasien. Lantai dasarnya basement untuk lobi dan parkir, lantai 1 Ruang Cuci Darah (HD) sebanyak 32 mesin, lantai 2 kelas standar bagi peserta BPJS Kesehatan.

Di lantai 2, jelasnya, nantinya akan ada 12 kamar yang setiap kamar diisi empat tempat tidur. Lantai 3 kelas standar terdiri dari delapan kamar diisi dua bed dan enam kamar diisi empat bed.

Kemudian, di lantai 4 dan 5 masih kelas standar sebanyak delapan kamar diisi dua bed dan 12 kamar diisi satu bed. Lantai 6 ada Ruangan VIP sebanyak 16 kamar diisi satu bed.

Kemudian, Lantai 7 ada ruangan VIP sebanyak delapan kamar disisi delapan bed dan VVIP sebanyak enam kamar diisi enam bed.

Total tempat tidurnya ada 174 bed dan total kamar 103. Sedangkan di Lantai 8 roof top, garden dan tenant.

Dikatakan, pembangunan tower 1 ini menambah kapasitas ruang rawat inap rumah sakit untuk melayani masyarakat yang berobat. “Apalagi kebijakan strategi pengembangan ini salah satu syarat untuk naik tipe B ke tipe A,” ungkapnya.

Kemudian, masa kontrak pembangunan gedung tower 1 berdasarkan berita acaranya hingga 15 November 2023.

“Kami optimis pihak kedua mengerjakan pembangunan gedung sebelum jatuh tanggal kontrak yang telah disepakati, karena ini untuk masyarakat Provinsi Sumut yang berobat,” jelasnya.

Gedung ini, selesai dibangun langsung dioperasionalkan secara bertahap. Selesai gedung tower 1 ini, akan dibangun tower kedua untuk rawat jalan misalnya poliklinik, laboratorium, hingga IGD.

Di dalam master plan ada 5 tower RSU Haji Medan yang akan dibangun Pemprov Sumut.

“Insya Allah yang melakukan soft opening Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, karena beliau memberikan ide dan konsep pengembangan pembangunan RSU Haji Medan,” ujarnya. (Md 1)

Editor : Edward