Pengunjung Danau Toba Diimbau Tidak Memberi Makan Kera di Tepi Jalan Umum Parapat

  • Bagikan
Kunjungi : Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga saat mengunjungi Taman Kera Sibaganding Parapat, Selasa (18/7/2023).(Foto:Mu/dok).

Simalungun, Mediautama.news – Radiapoh Hasiholan Sinaga menghimbau para pengunjung Danau Toba untuk tidak memberi makan hewan kera di tepi jalan umum kawasan objek wisata Parapat.  Hal itu bisa membahayakan pengendara yang melintas.

“Jangan memberi makan kera di jalan umum kawasan Parapat Danau Toba, karena dapat membahayakan lalulintas,” ungkap Radiapoh didampingi Kadis Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, M Fikri M Damanik, saat mengunjungi Taman Kera Sibaganding Parapat, Selasa (18/7/2023).

Menurutnya, makanan khusus untuk hewan primata kera sudah difasilitasi. Karenanya, para pengemudi dan penumpang kendaraan agar  fokus berkendara, tidak perlu lagi memberi makan kera di tepi jalan kawasan Danau Toba.

Bahayanya lagi, jelas Radiapoh, kera nekad mendekat ke mobil. Hal itu rentan membahayakan pengendara dan kera-kera yang ada.

Kepada pengelola Taman Kera Sibaganding, ia  meminta agar terus melestarikan objek wisata tersebut. Pengelola juga harus membuat tempat edukasi, sehingga pengunjung tidak bosan dan bisa menikmati lokasi wisata setempat.

Pemkab Simalungun, ujarnya,  akan terus berupaya memberi dukungan dalam pengelolaan taman hewan tersebut.

Sementara, Abdurahman Manik selaku pengelola Taman Kera Sibaganding mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemkab Simalungun.

“Saya akan menuangkan ide untuk menata baik tempat ini. Sehingga apa yang menjadi saran pemerintah dikolaborasikan dengan Dinas Pariwisata untuk kemajuan tempat ini,” ucap Manik. (Reja)

Editor: Edward

  • Bagikan