SUMUT  

Wali Kota Medan: Keberadaan Etnis Jawa Sangat Penting dan Strategis

Hadiri: Wali Kota Medan Bobby Nasution saat menghadiri syukuran HUT ke 43 Pujakesuma dan Peringatan 1 Muharam 1445 H di Hotel Emerald Garden, Kamis (20/7/2023) malam.(Foto:Mu/dok)

Medan, Mediautama.news – Keberadaan etnis Jawa di Kota Medan, termasuk Pujakesuma dinilai sangat penting dan strategis. Apalagi jumlahnya mencapai 40 persen dari jumlah total penduduk yang ada di ibukota Provinsi Sumatera Utara ini. Namun, hingga kini belum ada kegiatan etnis Jawa yang digelar di Kota Medan.

“Untuk itu saya usulkan, mari sama-sama kita buat. Tentunya yang paham soal seni dan kebudayaan Jawa tentunya etnis Jawa. Jadi mari kita angkat menjadikannya festival sehingga ada kalender event di Kota Medan yang memperkenalkan adat istiadat etnis Jawa,” kata Wali Kota Medan Bobby Nasution saat menghadiri syukuran HUT ke 43 Pujakesuma dan Peringatan 1 Muharam 1445 H di Hotel Emerald Garden, Kamis (20/7/2023) malam.

Diungkapkan Bobby, etnis lainnya yang ada di Kota Medan sudah memiliki kegiatan seni dan budaya yang rutin digelar setiap tahunnya. Contohnya, Gerakan Melayu Serumpun (Gemes) oleh etnis Melayu dan Kerja Tahun Kuta Medan Merdang Merdem yang digelar etnis Karo .

Bukan untuk saingan dengan etnis lainnya, kata Bobby, tetapi kegiatan itu digelar untuk memperkenalkan lebih jauh tentang seni dan budaya etnis Jawa. Dari kegiatan itu akan timbul manfaat ekonominya.

“Apalagi kita ketahui Pujakesuma memiliki koperasi yang memasarkan hasil produk kadernya yang luar biasa seperti minyak goreng merah, madu maupun produk lainnya,” ungkapnya.

Atas nama Pemko Medan, Bobby Nasution selanjutnya mengucapkan selamat ulang tahun ke-43 Pujakesuma. Mudah-mudahan, harapnya, syukuran yang digelar sekaligus memperingati Tahun Baru Islama 1 Muharam 1445 H ini, semakin menjadikan Pujakesuma sebagai organisasi yang sangat luar biasa.

“Apalagi banyak kader Pujakesuma yang duduk di posisi-posisi strategis baik itu di pemerintahan, TNI, Polri, legislatif maupun yang lainnya ,” tegas Bobby.

Menurut Bobby, hal itu membuat Pujakesuma menjadi organisasi yang sangat luar biasa. Mudah-mudahan di tahun -tahun ke depan, apa yang menjadi cita-cita dan harapan seluruh keluarga besar Pujakesuma dapat tercapai.

Sementara itu Ketua Umum DPP Pujakesuma Eko Supianto, SE menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT karena Pujakesuma memiliki kader-kader yang luar biasa.

Ia berharap agar seluruh kader selalu rukun dan guyub serta menghormati seluruh etnis yang ada.

“Semoga di usianya yang ke-43 Pujakesuma senantiasa menjadi wadah organisasi yang dapat menjaga kebhinekaan,” ungkap Eko Supianto. (Komed)

Editor: Edward