SUMUT  

Dame Duma Sari Hutagalung : Kode Etik Jadikan DPRD Medan Bermartabat

Foto: Dame Duma Sari Hutagalung

Medan, Mediautama.news –
Anggota DPRD Medan, Dame Duma Sari Hutagalung berharap Rancangan Peraturan (Ranperda) DPRD Kota Medan tentang Kode Etik DPRD Kota Medan dapat segera ditetapkan.

” Hal ini agar peraturan yang berisikan aturan moral dapat dipatuhi oleh setiap anggota DPRD Medan,” kata Dame Duma kepada wartawan, Rabu (18/1/2023) di kantor DPRD Medan.

Menurut politisi asal Partai Gerindra ini, bentuk preventif dan korektif ini menjadikan DPRD yang bermartabat dan memiliki kredibilitas dalam menjalankan tugas, kewajiban dan wewenangnya.

“Sehingga apabila kode etik tidak diberlakukan akan sangat beresiko untuk kedepannya,” sebutnya.

Kode Etik, jelasnya, merupakan hal terpenting dan menjadi pilar dasar kinerja pemerintahan. Dimana, kemampuan dan kapasitas penyelenggara pemerintahan belum sepenuhnya dapat memahami secara baik, dan benar peran dan fungsi serta tugas-tugasnya.

“Untuk itulah perlunya kita memahami dan melaksanakan segala ketentuan yang nantinya diatur didalam rancangan peraturan DPRD Kota Medan tentang Kode Etik DPRD Kota Medan tersebut,” kata Dame.

Disebutnya lagi, Fraksi Gerindra DPRD Medan berpandangan bahwa setiap anggota DPRD didalam setiap tindakannya harus mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi maupun golongan.

Anggota DPRD, tegasnya harus menghindari prilaku tidak pantas atau tidak patut yang dapat merendahkan citra dan kehormatan DPRD, baik di dalam gedung DPRD maupun di luar.

Bahkan, lanjutnya, anggota DPRD diajak agar bijak menggunakan Media sosial (Medsos) sehingga terhindar daripada pelanggaran kode etik.

Kemudian, anggota DPRD hendaknya juga dilarang meminta dan menerima pemberian atau hadiah selain dari apa yang berhak diterimanya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

” Anggota DPRD Medan harus memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, mempertahankan dan memelihara kerukunan nasional dan keutukan NKRI serta menampung dan menindaklanjuti aspirasi konstituen melalui kerja secara berkala,” tegasnya menutup. (Dewa 1)

Editor : Wilfrid Sinaga

 242 views