SUMUT  

Dukung Ekspedisi Geopark Kaldera Toba HPN 2023, Bupati Taput: Ngutangpun Jadilah..

Terima : Bupati Taput Nikson Nababan saat menerima pengurus SMSI Sumut, di Rumah Dinas Bupati, Jalan Ahmad Yani Tarutung, Sabtu (21/01/2023). (Foto:Mu/dok)

Taput, Mediautama.news – Pemkab Tapanuli Utara (Taput) siap mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, 4-7 Februari 2023.

Dukungan itu disampaikan Bupati Taput, Drs Nikson Nababan MSi saat menerima Ketua SMSI Sumut, Erris J Napitupu yang juga ketua panitia pelaksana Ekspedisi Kaldera Toba, di Rumah Dinas Bupati, Jalan Ahmad Yani Tarutung, Sabtu (21/01/2023) sore.

Menurut Nikson Nababan, ia telah menginstruksikan jajarannya berkolaborasi dengan pengurus SMSI Provinsi Sumut dan Pengurus SMSI Kabupaten Taput menyukseskan ekspedisi dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 itu.

Dikatakan, Taput merasa terhormat dengan akan dikunjungi 200 peserta ekspedisi yang merupakan pengurus SMSI se-Indonesia pada 4 Februari mendatang.

“Kita mainkan, harus sukses acara ini, ngutang pun jadilah,” ujar Bupati Taput dua periode itu bersemangat.

Bupati pun berharap potensi-potensi unggulan di Taput akan lebih terinformasikan lagi kepada masyarakat tidak hanya di Sumut, tetapi ke seluruh Indonesia maupun ke mancanegara.

“Selain Geosite-geosite Kaldera Toba, kami juga punya objek-objek wisata menarik, hasil kerajinan dan produk UMKM. Silahkan nanti dieksplor, kami tentu sangat senang hati,” kata Nikson.

Secara khusus bupati berharap seluruh peserta ekspedisi pada khususnya dan seluruh anggota SMSI pada umumnya, berkenan mendukung program maupun capaian pembangunan Pemkab Taput.

“Tadi saya dengar juga ada rencana MoU kerjasama kita ya, SMSI dan Pemkab tentang pendirian Universitas Negeri di Tapanuli Utara. Saya sangat bangga,” sebut politisi PDI Perjuangan itu.

Nikson mengaku, itu adalah cita-citanya, cita-cita masyarakat Taput untuk memiliki sarana pendidikan tinggi negeri yang lebih holistik bagi generasi muda di wilayah tapanuli raya.

Karenanya, Nikson meyakini, Ekspedisi Geopark Kaldera Toba akan memberikan manfaat bagi masyarakat Taput.

“Kami pun mengapresiasi SMSI yang telah memilih Tapanuli Utara sebagai salah satu tujuan ekspedisi di HPN 2023 ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana, Erris J Napitupulu, memaparkan Ekspedisi di Taput di antaranya, kunjungan ke Geosite Huta Ginjang dan Geosite Sibandang di Kecamatan Muara.

“Kemudian kami juga akan mengunjungi sentra kerajinan, produk UMKM. Nanti juga kami ke Pulau Sibandang naik kapal dan melihat kearifan lokal di sana, ada rumah kuno juga,” ujar Erris.

Erris Napitupulu menyampaikan terima kasih kepada Bupati Nikson Nababan atas dukungan ke SMSI untuk melaksanakan ekspedisi dalam rangka HPN 2023 tersebut.

Lebih lanjut Erris mengatakan, nantinya Bupati Nikson Nababan juga menerima penghargaan pers dari SMSI bersama 4 kepala daerah lainnya, termasuk Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Penghargaan itu akan diberikan pada Silaturahmi Nasional SMSI dan pelantikan Pengurus SMSI Sumut 2022-2027 di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Selasa 7 Februari.

Selain ke Taput, Ekspedisi Geopark Kaldera Toba berlanjut ke Samosir pada 5 Februari dan penandatangan MoU dengan BP-GKT. Lalu pada 6 Febuari ke Kota Pematangsiantar berkeliling kota mengendarai Becak Siantar, lalu mengikuti silaturahmi dengan Bupati Serdang Bedagai.

Hadir pada audiensi itu sekretaris panitia, Benny Pasaribu dan panitia lainnya Irwan Manalu, Agus Utama, Waliono. Hadir juga Penasihat SMSI Sumut, Roby Purba, Ketua SMSI Taput, Jan Pieter Simorangkir dan Ketua SMSI Toba, Lambaik Manalu, dan jajaran pengurus lainnya. (rel/Taut 1)

 470 views