Atlet Tebingtinggi Juara Umum Panahan di Malaysia

  • Bagikan
Tunjukkan Medali: Ketiga atlit panahan Kota Tebingtinggi mengapit pelatihnya sama-sama menunjukkan medali (Foto atas kiri). Rafkah Afdilah naik ke podium menerima medali (Foto atas kanan). Rafkah seusai melepas anak panahnya ke sasaran (Foto bawah).(Foto: Mu/dok)

Tebingtinggi, Mediautama.news – Atlet Panahan Kota Tebingtinggi mewakili Indonesia, berhasil meraih juara umum di ajang MUEZZA – PDAC Archery Tournament 2023, yang diselenggarakan di Negeri Sembilan – Malaysia, 24 – 26 Februari 2023.

Dari 10 medali emas yang diperebutkan pada event ini, tim Panahan Tebingtinggi menyabet 4 medali emas, 1 perak dan 2 medali perunggu.

Pj Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi mengapresiasi hasil yang diperoleh atlit panahan asal Kota  Tebingtinggi ini, karena sudah mengharumkan nama negara.

“Prestasi ini sangat kita apresiasi karena sudah mengharumkan nama negara ,” ucap Muhammad Dimiyathi kepada wartawan, Senin (27/2/2023) di Balai Kota.

Ia pun berpesan kepada para atlit untuk terus meningkatkan prestasi dan jiwa nasionalisme. Karena, ujarnya, dengan kerja keras dan jiwa patriotik, kita dapat membentangkan bendera Indonesia di atas bendera bangsa lain dalam setiap kompetisi.

Sementara itu, pelatih Panahan Tebingtinggi Budiono menyampaikan, pertandingan ini diikuti oleh 702 peserta pelajar di bawah usia 17 tahun dari 5 negara yang mendaftar. Namun dari jumlah 5 negara tersebut, hanya 3 negara yang datang mengikuti pertandingan tersebut, yakni Malaysia, Indonesia dan Jerman.

Menurutnya, pihaknya hanya mengirimkan 3 orang atlet yang terdiri dari 2 putra dan 1 putri dan berhasil memboyong 4 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu.

” Kita mewakili Indonesia juga berhasil meraih juara umum, karena yang diperebutkam hanya 10 medali emas, dan sama kita ada 4 medali emas,” jelas Budiono.

Kemudian, target kedepan, akan mempersiapkan diri mengikuti Pekan Olahraga Nasional Tahun 2023 di Palembang.

Raymon, orang tua salah satu atlit Rafkah Afdilah peraih 1 emas, 1 Perak dan 1 Perunggu saat dihubungi lewat teleponnya mengaku bangga dengan keberhasilan putranya membawa harum nama Tebingtinggi, di ajang olahraga Panahan di negara tetangga Malaysia tersebut.

Kepada Rafkah, ia selalu mengingatkan jangan cepat merasa puas dengan hasil yang sudah diraih. Tetapi tetaplah berlatih keras demi prestasi yang lebih tinggi di kemudian hari.

Dua atlit Kota Tebingtinggi lainnya satu tim dengan Rafka pada kejuaraan panahan di Malaysia yakni, Fahdiyah Balqis Thoari (15) siswa SMA Negeri 1 Tebingtinggi peraih 1 medali emas dan 1 perunggu dan Muhammad Bening Firmansyah (12) siswa SMP Percontohan Tebingtinggi meraih 2 medali emas di kelas 30 meter dan 20 meter putra.(Sb 1)

Editor: Edward

 

  • Bagikan